HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Respon Menlu Lebih Tegas Daripada Prabowo Soal Tiongkok Klaim Natuna, Kenapa?

Rabu, 8 Januari 2020 | 00:51 WIB

Situasi di Perairan Kepulauan Natuna masih memanas akibat provokasi kapal milik Tiongkok. TNI Angkatan Udara mengerahkan 4 Pesawat Tempur F-16 ke Natuna Kepulauan Riau untuk membantu pengamanan di Perairan Natuna.

Empat pesawat F-16 dan 60 anggota TNI dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dikirim ke wilayah Natuna di Provinsi Kepulauan Riau.

Pengiriman pasukan dan pesawat ini untuk memperkuat operasi lintas elang 20 yang dipusatkan di Natuna, menyusul ketegangan di Natuna akibat provokasi Kapal Tiongkok.

Baca Juga: China Sebut Perairan Jenis ZEE Natuna Sebagai Traditional Fishing Ground?

Komandan Lanud roesmin Nurjadi, Marsma Ronny Irianto Moningka menyebut pengiriman pesawat F-16 dan personel TNI sesuai dengan perintah Panglima TNI, Marsekal Hadi tjahjanto.

Apakah negara sudah bersikap tegas terhadap manuver nelayan dan kapal penjaga Pantai Tiongkok  yang masuk ke Perairan Natuna Kepulauan Riau? Dan mengapa mengapa respon Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terkesan lebih santai daripada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi?

Simak dialog berikut bersama Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia  Hikmahanto Juwana, dan melalui sambungan telepon sudah terhubung dengan Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak.

Baca Juga: Menteri Silang Pendapat Soal Kapal China di Natuna, Presiden Jokowi: Tak Ada Tawar-Menawar

 

Penulis : Reny Mardika



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
18:43
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB    HOTLINE EMERGING OPERATION CENTER (EOC) VIRUS KORONA KEMENKES: 021-5210411 DAN 081212123119   CEGAH PENULARAN VIRUS KORONA DENGAN MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)   SEBANYAK 59 WARGA FILIPINA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS POSITIF TERINFEKSI VIRUS    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN PEMERINTAH TERUS BERUPAYA BEBASKAN 5 WNI YANG DICULIK KELOMPOK ABU SAYYAF   KEPALA BNPB DONI MONARDO SEBUT BANJIR DI SEJUMLAH WILAYAH DKI JAKARTA DISEBABKAN PENURUNAN MUKA TANAH   PEMKOT BOGOR MENDAPAT BANTUAN RP 36 MILIAR DARI PEMPROV DKI JAKARTA UNTUK BANGUN SUMUR RESAPAN ATASI BANJIR   KETUA DPR PUAN MAHARANI MENILAI PEMERINTAH TIDAK MAKSIMAL SOSIALISASIKAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: PEMERINTAH AKAN EVAKUASI WNI ABK WORLD DREAM KE PULAU SEBARU, KEPULAUAN SERIBU   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: PEMERINTAH UTAMAKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN TANGANI PEMULANGAN WNI DI DIAMOND PRINCESS   WAKIL KETUA KOMISI III DPR A SAHRONI MENDORONG POLRI DAN BNN MANFAATKAN PON UNTUK KAMPANYE ANTINARKOBA    MENTERI KEUANGAN DAN GUBERNUR BANK SENTRAL G20 AKAN LONGGARKAN KEBIJAKAN MONETER HADAPI WABAH VIRUS KORONA   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN MINTA KAJATI BINA KADES DALAM MENGELOLA DANA DESA