Kompas TV nasional berita kompas tv

Banjir Mulai Surut, BNPB Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Cuaca Ekstrem

Kompas.tv - 7 Januari 2020, 23:30 WIB
banjir-mulai-surut-bnpb-ingatkan-masyarakat-tetap-waspada-cuaca-ekstrim
Personel TNI membantu membersihkan lumpur akibat banjir awal tahun 2020 di SD Negeri Jatirasa III, Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (4/1/2020). (Sumber: ACHMAD NASRUDIN YAHYA KOMPAS.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumlah pengungsi banjir dan longsor di tiga provinsi berangsur-angsur menurun.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, saat ini jumlah pengungsi terdampak banjir dan longsor sebanyak 13.993 jiwa. Angka tersebut menyusut 540 jiwa dari sebelumnya mencapai 14.535 jiwa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo mengimbau agar masyarakat yang sudah kembali ke rumah masing-masing untuk tetap memantau perkembangan cuaca.

Agus menjelaskan hasil pemantauan BMKG, cuaca ekstrim berupa hujan lebat disetai petir dan angin kencang masih akan berlangsung dan berulang hingga pertengahan Februari.

"Masyarakat diiimbau untuk selalu waspada dengan curah hujan tinggi yang masih akan berlangsung sepekan ke depan," kata Agus dikutip dari Kompas.com, Selasa (7/1/2020).

Untuk perkembangan titik genangan di wilayah DKI Jakarta Agus menjelaskan pihaknya mendapat laporan wilayah Jakarta Barat hingga Selasa petang masih terdapat titik genangan. Selebihnya, titik genangan di wilayah lain Jakarta sudah berangsur surut. 

"Hanya Jakarta Barat yang masih ada genangan air dengan tinggi muka air menurun, yang semula 20-60 cm menjadi 10-30 cm," ujar Agus.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.