HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Faktor Kasus Reynhard Sinaga Baru Terungkap Saat Vonis

Selasa, 7 Januari 2020 | 23:10 WIB
ini-faktor-kasus-reynhard-sinaga-baru-terungkap-saat-vonis
Potongan gambar kamera pengawas saat terdakwa kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual Reynhard Sinaga masuk ke apartemennya di Manchester, Inggris yang menjadi salah satu barang bukti Kepolisian Manchester. (Sumber: BBC News)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap ratusan pria Inggris yang dilakukan Reynhard Sinaga menghebohkan publik di tanah air.

Terungkapnya kasus Reynhard ini setelah Pengadilan Manchester menjatuhkan vonis 30 tahun penjara atau hukuman seumur hidup terhadap pria kelahiran Jambi tahun 1983 itu. Lantas mengapa media Inggris tak memberitakan perjalanan persidangan Reynhard.

Minister Counsellor bidang Penerangan dan Sosial Budaya KBRI London, Thomas Ardian Siregar menjelaskan tidak adanya pemberitaan terkait proses perjalanan sidang Reynhard lantaran keputusan pengadilan agar perkara digelar secara tertutup.

Sebab, sambung Thomas, perkara yang melibatkan 190 korban ini merupakan kasus sensitif dan menyinggung hak privasi bagi korban. Hal ini jugalah yang membuat pengadilan meminta media untuk tidak mempublikasikan proses sidang hingga vonis ditetapkan.

"Media (Inggris) sangat menghormari keputusan pengadilan dan tidak mempublikasikan sampai ada keputusan (vonis)," ujar Thomas saat telewicara di acara Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Selasa (7/1/2020).

Meski persidangan digelar tertutup, Thomas menyatakan KBRI London tetap memberi pendampingan hukum kepada Reynhard. Seperti memastikan Reynhard mendapat pengacara dan mendampingi selama rangkaian persidangan. 

Kemudian pelindungan non-litigasi yang dilakukan dalam bentuk kunjungan kekonsuleran selama Reynhard di penjara dan memfasilitasi pertemuan dan komunikasi keluarga dengan Reynhard  dan pengacara.

Penulis : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:12
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   KOMNAS HAM MINTA PRESIDEN DAN DPR TUNDA PENGESAHAN RKUHP   KANWIL KEMENKUMHAM BALI SIAPKAN BLOK KHUSUS UNTUK NARAPIDANA BERSTATUS POSITIF KORONA   KEMENTERIAN LUAR NEGERI ALOKASIKAN RP 110 MILIAR UNTUK PENANGANAN VIRUS KORONA   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO TERBITKAN SE LARANGAN MUDIK BAGI ASN DAN KELUARGA   KEMENDIKBUD MENDATA 40.081 SENIMAN TERDAMPAK PANDEMI VIRUS KORONA   IKATAN DOKTER NDONESIA INVESTIGASI MENINGGALNYA PETUGAS MEDIS TANGANI KORONA   PEMKAB BANTUL, YOGYAKARTA, SIAPKAN RUMAH ISOLASI WARGA YANG MUDIK DARI LUAR DAERAH   KETUA DPR: PEMERINTAH PERLU MILIKI DATABASE TERKAIT RUMAH SAKIT YANG TENAGA KESEHATANNYA MEMERLUKAN APD   MENLU SEBUT 907 WNI PESERTA JAMAAH TABLIGH BERADA DI LUAR NEGERI, PALING BANYAK DI INDIA   MENSOS: WARGA MISKIN DI JABODETABEK DAPAT PAKET SEMBAKO BUKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI   MUI: JIKA PANDEMI VIRUS KORONA MASIH TAK TERKENDALI, SHALAT IDUL FITRI DITIADAKAN   GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN KORONA SERAHKAN 7.000 APD KE DOKTER GIGI DAN SPESIALIS THT