Kompas TV nasional kompas petang

Klaim Laut Natuna, TNI: Kapal Tiongkok Ingin Provokasi Indonesia

Kompas.tv - 7 Januari 2020, 22:26 WIB
Penulis : Reny Mardika

Keberadaan Kapal Tiongkok di Natuna, TNI menyebut hal ini sebagai upaya provokasi yang sengaja dilakukan terhadap Indonesia.

Untuk itu Indonesia akan mengedepankan pengaman Natuna dengan memperhatikan aturan hukum Internasional. Manuver Tiongkok atas klaim Natuna dianggap tidak berdasar.

Klaim Tiongkok sudah dipatahkan putusan Perserikatan Bangsa Bangsa pada 2016 lalu atas gugatan Filipina ke Mahkamah Arbitrase Internasional. Dalam putusan tersebut Mahkamah menolak klaim Tiongkok.

Baca Juga: Soal Kapal Tiongkok di Natuna, Menteri KKP: Kita Tak Boleh Kalah

Selain itu, pernyataan tegas disampaikan Presiden Joko Widodo memberi respon atas klaim Tiongkok di Perairan Natuna. Presiden menegaskan tidak ada tawar menawar berkaitan dengan teritorial dan kedaulatan negara.

Pernyataan Presiden ini menanggapi keberadaan kapal nelayan Tiongkok di Perairan Natuna yang mencuri ikan dengan mendapatkan penjagaan dari kapal pengawas perikanan Tiongkok.

Baca Juga: Potensi Laut Natuna yang Menggiurkan Pencuri Ikan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.