Kompas TV nasional berita kompas tv

697 Warga Jakarta Mengungsi Akibat Banjir, Anies: Jumlahnya Sudah Menurun

Kompas.tv - 7 Januari 2020, 16:31 WIB
697-warga-jakarta-mengungsi-akibat-banjir-anies-jumlahnya-sudah-menurun
Banjir yang menggenangi daerah Cipinang Melayu, Makassar, Jakarta Timur mulai surut pada Kamis 2 Jan 2019. (Sumber: RINDI NURIS VELAROSDELA KOMPAS.COM)
Penulis : Johannes Mangihot


JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 697 warga Jakarta masih mengungsi sejak banjir melanda di awal tahun baru hingga saat ini, Selasa (7/1/2020).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut angka tersebut sudah menurun dari jumlah pengungsi hari sebelumnya. Menurut Anies, para pengungsi tersebut juga tidak berada sepenuhnya di lokasi penampungan. Adapun jumlah pengungsi per Kamis 2 Januari 2020 sebanyak 36.445 orang.

"Sejak empat hari terakhir sudah tidak ada pengungsi yang 24 jam. Tempat pengungsi hanya sebagai tempat beristirahat," ujar Anies dikutip dari Kompas.com, Selasa (7/1/2020).

Anies menambahkan aktivitas pengungsi di tempat penampungan hanya bersifat sementara selama proses pembersihan rumah dari sisa sampah maupun lumpur pascabanjir. 

Adapun titik pengungsian hanya bersisa 7 titik dengan jumlah pengungsi 697 dari warga Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Dengan rincian 546 orang warga Jakbar, 101 merupakan warga Jaksel dan 50 warga Jaktim.

"Karena sesudah hari ketiga, air surut, mereka pulang ke rumah, membersihkan rumahnya, lalu makan, ganti, istirahat, di tempat pengungsian," kata Anies. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.