Kompas TV nasional berita kompas tv

Di Kota Bekasi Jumlah Pengungsi Berangsur Surut Seiring Ketinggian Banjir

Kompas.tv - 6 Januari 2020, 16:34 WIB
di-kota-bekasi-jumlah-pengungsi-berangsur-surut-seiring-ketinggian-banjir
Personel TNI membantu membersihkan lumpur akibat banjir awal tahun 2020 di SD Negeri Jatirasa III, Jatiasih, Kota Bekasi, Sabtu (4/1/2020). (Sumber: ACHMAD NASRUDIN YAHYA KOMPAS.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Banjir di sejumlah daerah di Jabodetabek dan Lebak, banten mulai surut. Bahkan di beberapa daerah di Kabupaten Depok, genangan banjir sudah tidak ada lagi.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB beberapa wilayah di DKI Jakarta, Kabupaten Lebak, Kota Bogor, dan Kabupaten Depok sudah tidak ada genangan air.

Di Kabupaten Bekasi misalnya, genangan banjir surut 20 sampai 30 cm. Untuk Kota Bekasi air berkurang 20 hinga 60 cm. Di Kabupaten Bogor 20-30 cm, Kota Tangerang 10-300 cm, dan Jakarta Barat 20-150 cm.

"Masyarakat sudah mulai kembali ke rumah masing-masing sehingga terjadi penurunan jumlah pengungsi pada beberapa titik pengungsian di wilayah Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Lebak," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo dalam keterangan pers, Senin (6/1/2020).

Agus menambahkan meski genangan banjir pada beberapa wilayah telah surut, masyarakat tetap diimbau untuk selalu waspada. Sebab, dari data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi masih akan berlangsung dalam sepekan ke depan.

Agus juga mengharapkan agar masyarakat tetap bergotong-royong melakukan pembersihan daerah resapan dan aliran air guna mengantisipasi volume air yang meningkat ketika hujan turun. 

"Pemerintah Daerah, BPBD dan masyarakat diharapkan terus aktif memantau informasi cuaca dari BMKG serta informasi dari BNPB terkait banjir Jabodetabek dan sekitarnya," ujar Agus.

Adapun jumlah titik pengungsi tercatat hingga saat ini tercatat 127 titik. Dengan rincian, di Kota Bekasi 75 titik, Kabupaten Bogor 27 titik, Kota Tangerang Selatan 1 titik, Jakarta Timur 1 titik, Jakarta Barat 5 titik, Jakarta Selatan 3 titik, Jakarta Utara 1 titik, Kabupaten Lebak 8 titik dan Kota Depok 6 titik.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x