Kompas TV nasional kompas bisnis

Harga BBM Turun Imbas dari...

Kompas.tv - 6 Januari 2020, 13:00 WIB

Harga sejumlah Bahan Bakar Minyak (BBM) non-subsidi turun di awal tahun 2020 di tengah bayang-bayang kenaikan harga minyak dunia, imbas dari ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran.

Harga BBM non-subsidi yang turun di awal tahun ini merupakan penyesuaian dari harga BBM yang mengikuti pergerakan harga minyak dunia. Pertamina baru saja menurunkan harga BBM non-subsidi mulai hari Minggu (05/01/2020). Adapun penyesuaian harga ini berlaku untuk Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex dan Dexlite. Besaran turunnya harga ini bervariasi antara 650 rupiah hingga 1500 rupiah per liter.

Sebelumnya, pengelola SPBU Total dan Shell telah lebih dahulu melakukan penyesuaian dengan menurunkan harga BBM, masing-masing pada tanggal 1 dan 3 Januari 2020. Penyesuaian harga ini mengacu pada kebijakan tentang formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran BBM. 

Dikutip dari kompas.com, penyesuaian harga BBM ini tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Baca Juga: Harga BBM Turun, Ini Rincian Harganya


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x