Kompas TV internasional kompas dunia

Kebakaran Australia Meluas, Separuh Populasi Koala Mati

Kompas.tv - 6 Januari 2020, 11:10 WIB
Penulis : Edika ipelona

Kebakaran hutan di Australia menyebabkan musnahnya habitat hewan-hewan liar asli australia seperti kanguru, koala, burung, dan reptil. Sebagian besar hewan-hewan itu mati akibat kebakaran.

Australia telah menghadapi ratusan kebakaran hutan sejak September 2019 dan menyebabkan kondisi udara yang sangat berbahaya terutama di bagian Timur dan Barat Daya Sydney.

Pemerintah New South Wales telah menyatakan keadaan darurat kebakaran sejak Jumat (3/1) kemarin.

Sejak kebakaran pertama kali terjadi pada awal September 2019, ratusan rumah dan lebih dari lima juta hektar hutan dan lahan pertanian hangus terbakar.

Menteri Lingkungan Hidup Australia Sussan Ley mengatakan, jumlah hewan yang menjadi korban belum bisa dipastikan sampai api dapat dipadamkan.

Sementara ahli ekologi di Australia memperkirakan hampir setengah miliar hewan termasuk reptile, Mamalia, dan burung telah mati dalam kebakaran yang melanda negara itu sejak September 2019.
Jumlah itu bahkan diperkirakan lebih tinggi karena kebakaran yang menghanguskan sebagian wilayah Victoria dan Pantai Selatan New South Wales dalam beberapa hari terakhir.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.