Kompas TV nasional kompas malam

Momen Langka, Bunga Bangkai Mekar di Kebun Raya Bogor

Kompas.tv - 5 Januari 2020, 12:40 WIB
Penulis : Aleksandra Nugroho

Tak hanya di Jakarta, warga Bogor juga memiliki daya tarik baru, tepatnya di Kebun Raya Bogor, yakni momen langka mekarnya bunga bangkai setinggi 1,94 meter.

Bunga bangkai raksasa yang bernama latin Amorphophallus Titanum Becc milik Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, mekar sempurna, Sabtu 4 Januari 2020. Bungai bangkai diketahui merupakan tumbuhan asli Indonesia, di mana populasinya ditemukan di hutan-hutan Sumatera.

Menurut Dian Latifah, Peneliti LIPI mengatakan untuk individu bunga kali ini baru mekar setelah tiga tahun lalu didapatkan. "Baru pertama kali mekar", ujarnya. 

Amorphophallus Titanum sendiri masuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

Bunga yang kerap mengeluarkan bau tidak sedap ini bisa mencapai tinggi tiga meter dan memiliki kemiripan dengan Bunga Raflesia. Sementara bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Bogor ini telah mekar setelah mencapai tinggi 194 sentimeter.

Diperkirakan bunga ini bisa dinikmati pengunjung kebun raya hingga satu minggu ke depan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x