Kompas TV video cerita indonesia

Prabowo Cool, Susi: Bedakan Persahabatan dan Pencurian

Kompas.tv - 4 Januari 2020, 16:29 WIB
Penulis : Laura Elvina

Jakarta, Kompas.tv – Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan reaksi atas persoalan yang terjadi di Perairan Natuna, Kepulauan Riau. Melalui twit-nya, Susi mengingatkan bahwa Indonesia harus membedakan urusan persahabatan antar negara dengan kasus pencurian ikan.

“Bedakan Pencurian ikan dengan persahabatan antar negara”, tulis Susi dalam akun Twitternya @susipudjiastuti.

Ia juga mengungkapkan bahwa penangkapan ikan secara illegal merupakan kejahatan lintas negara.

“Persahabatan antar negara tidak boleh melindungi pelaku pencurian ikan & penegakan hukum atas pelaku Illegal Unreported Unregulated Fishing. Tiongkok tidak mungkin dan tidak boleh melindungi pelaku IUUF. Karena IUUF adalah crime/ kejahatan lintas negara”, lanjut Susi.

Baca Juga: Susi Geram: Kenapa Sekarang Tak Bisa Tenggelamkan Kapal China?

Reaksi Susi ini terkait dengan adanya kapal ikan milik China yang memasuki kawasan laut Indonesia di Perairan Natuna. Twit Susi tersebut  juga merupakan reaksi atas pernyataan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, yang mengatakan akan mencari solusi yang baik karena China merupakan negara sahabat Indonesia.

“Kita tentunya masing-masing punya sikap, kita mencari suatu solusi yang baik. Di ujungnnya saya kira kita punya solusi yang baik. Kita selesaikan dengan baik bagaimanapun China adalah negara sahabat”, ucap Prabowo di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Lebih lanjut, Prabowo meminta masyarakat bisa menanggapi isu ini dengan santai.

“Kita cool saja, kita santai, ya”, tambah Prabowo.

Susi juga mengingatkan bahwa penting bagi Indonesia untuk menjaga iklim investasi, namun ia berharap sikap ini tidak melemahkan penegakan hukum bagi aksi pencurian ikan.

“Kita jaga persahabatan antar bangsa. Kita undang investor untuk investasi. Kita jaga investor. Dan kita akan tetap menghukum pencuri sumber saya perikanan kita. Kita bedakan tiga hal itu dengan baik & benar. Hubungan baik antar negara adalah karena saling menghormati”, ujar Susi.

Atas sikap Susi ini, netizen pun memberi respon beragam. Banyak di antara mereka yang mendukung dan merindukan aksi Susi saat ia masih menjabat sebagai Menteri KKP dulu.

“Harusnya ibu @susipudjiastuti tetap menjadi menteri… Berani dan tegasss untuk NKRI”, ujar akun @TaryanaAnggi

#natuna #prabowosubianto #susipudjiastuti 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x