Kompas TV nasional sapa indonesia

Pembenahan di Hulu, Solusi Pasti Untuk Banjir?

Kompas.tv - 4 Januari 2020, 00:44 WIB
Penulis : Dea Davina

Banjir besar yang melanda Ibukota Jakarta beserta kota-kota disekitarnya, yaitu Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, memerlukan sinergitas dalam pencegahan dan penanganan banjir.

Nah, salah satu yang kerap diperdebatkan, yakni pencegahan banjir di bagian hulu, di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat yang harus diutamakan, agar kiriman air ke DKI Jakarta bisa diminimalisir. Sementara di DKI Jakarta, proyek normalisasi mandek sejak tahun 2017. Padahal, lebar bantaran sungai ciliwung sekarang dilaporkan semakin menyusut hingga 20 meter.

Lantas program manakah yang harus diprioritaskan untuk atasi banjir di Jabodetabek? Sudah bersama saya di studio Menara Kompas, pakar arsitektur perkotaan ITB, Jehansyah Siregar, dan anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI, Syarif.

Untuk para korban, yang utama adalah evakuasi, memastikan tempat-tempat pengungsian, memastikan pengungsi khususnya anak-anak, wanita dan lansia tetap sehat serta yang terakhir aktifitas bisa segera berjalan normal. Perhari ini, sudah 80 persen sudah bisa beraktifitas normal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x