Kompas TV video cerita indonesia

Curah Hujan Bisa Dikurangi Dengan Cara...

Kompas.tv - 3 Januari 2020, 20:36 WIB
Penulis : Laura Elvina

Jakarta, Kompas.tv – TNI AU bersama Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan modifikasi cuaca untuk menurunkan intensitas hujan di wilayah barat Indonesia. Dengan mengerahkan dua pesawat CN 295 dan Casa 212, modifikasi cuaca diharapkan bisa mengurai awan yang menyelimuti wilayah Jabodetabek.

Baca Juga: Ini Salah Satu Faktor Besarnya Dampak Banjir Jabodetabek Versi Kepala BMKG

Modifikasi cuaca dilakukan dengan cara menaburkan garam ke awan dengan menyiapkan 10 Natrium Klorida (NaCl). Proses ini mempercepat awan turun menjadi hujan, sebelum memasuki wilayah Jabodetabek. Curah hujan yang tinggi menjadi salah satu faktor utama pemicu bencana banjir di DKI Jakarta, sehingga faktor ini harus turut diperhatikan dalam penanganan masalah banjir Jakarta.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna menegaskan, TNI bersama BPPT akan terus menyiapkan keperluan modifikasi cuaca, sampai keadaan cuaca di Indonesia mulai membaik.

“Kita akan mengurai awan yang bakal menjadi hujan sebelum masuk ke daratan ini, sehingga pada saat masuk ke wilayah daratan, awan tersebut kecil kemungkinan menjadi hujan”, ujar Marsekal Yuyu. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x