Kompas TV nasional berita kompas tv

Mendagri Kasih Garansi Urus Surat Kependudukan yang Hilang Mudah dan Cepat

Kompas.tv - 3 Januari 2020, 18:02 WIB
mendagri-kasih-garansi-urus-surat-kependudukan-yang-hilang-mudah-dan-cepat
Menteri Dalam Negeri Tito dan Wali Kota Bekasi saat meninjau lokasi banjir di kawasan Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Jumat 3 Januari 2020. (Sumber: Humas Kemendagri)

JAKARTA, KOMPASTV - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus administasi kependudukan.

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) telah mengeluarkan surat kepada pemerintah daerah terdampak banjir untuk mempermudah masyarakat mengurus administrasi kependudukan yang hilang akibat banjir.

"Dirjen Dukcapil sudah berikan surat edaran kepada seluruh kepala Dukcapil provinsi dan kabupaten kota untuk segera memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi warga yang kehilangan atau rusak dokumen catatan sipilnya. seperti KTP, akte kelahiran, buku nikah dan lain lain," ujar Tito.

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Kunjungi Korban Banjir di Jatiasih, Jawa Barat

Tito menambahkan pihaknya bakal melakukan evaluasi bagi pemerintah daerah yang tidak memberi pelayanan optimal kepada masyarakat dalam mengurus administrassi.

"Ini instansi yang vertikal, artinya dari Dirjen komandonya itu pemerintah kabupaten kota dan provinsi," ujar Tito

 

Saling Membantu

Mantan Kapolri ini juga berharap tidak hanya masyarakat yang ikut membantu korban banjir. Perusahaan juga bisa ikut membantu para korban bencana banjir Jakarta melalui program Corporate Social Responsibility. 

Menurut Tito kejadian banjir Jakarta merupakan momentum untuk saling membantu.

"Inilah saatnya untuk saling membantu masyarakat yang tertimpa musibah. Kita saling gotong royong," ujar Tito.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x