Kompas TV video cerita indonesia

Bantah Jokowi Soal Sampah Penyebab Banjir, Anies: Kumpulkan Data yang Lengkap

Kompas.tv - 3 Januari 2020, 14:25 WIB
Penulis : Yuilyana

Menurut Presiden Jokowi banjir yang menggenangi Jakarta dan sekitarnya disebabkan kerusakan ekologi dan kesalahan yang dibuat manusia, seperti membuang sampah sembarangan. "Ada yang disebabkan kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada, tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana. Banyak hal," ujar Jokowi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Hal ini pun dibantah Anies Baswedan saat menanggapi pertanyaan wartawan terkait penyebab banjir yang diungkap Jokowi sebelumnya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah pernyataan Jokowi, menurut dia, bukan sampahlah penyebabnya. 

Ia mencontohkan, kawasan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, yang terendam banjir sehingga sejumlah penerbangan terganggu. Padahal, dia meyakini tidak ada sampah yang menumpuk di Bandara Halim. “Halim itu setahu saya tidak banyak sampah, tapi bandaranya kemarin tidak bisa berfungsi. Apakah ada sampah di bandara? Rasanya tidak, tapi Bandara Halim kemarin tidak bisa digunakan. Pada fase ini saya selalu katakan kita fokus pada penyelamatan warga, evakuasi warga, sesudah ini beres kita duduk kumpulkan data dan bicarakan obyektif,” ujar Anies di Kampung Pulo Kamis (02/01/2020).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x