Kompas TV video cerita indonesia

Mengintip Proses Pembuatan Kain Jumputan Khas Palembang

Kompas.tv - 2 Januari 2020, 20:06 WIB
Penulis : Desy Hartini

Jumputan, salah satu kain tradisional Palembang. Dari namanya kain ini saat pewarnaannya dilakukan dengan dijumput. Salah satu sentral pembuatan kain tradisional jumputan di Palembang berada di Kampung Kebon Pisang, Kelurahan Tuan Kentang, Seberang Ulu I Palembang.

Di lokasi ini banyak perajin kain khas tersebut. Aneka motif dan warna menjadi daya tarik dari kain ini. Proses pembuatan jumputan menggunakan campuran pewarna alami dan sintetis. Pembuatannya dimulai dari pemotongan bahan, pembuatan motif, pewarnaan, hingga proses pencelupan.

Proses perwarnaan dilakukan dengan menjumput atau mengambil beberapa bagian kain yang akan diwarnai sehingga kain ini dinamakan jumputan. Setelah semua proses diatas, kain dicuci dan dijemur. Pembuatan kain jumputan ini memakan waktu lebih dari sebulan atau tergantung motifnya.

Untuk harga kain khas ini dibanderol mulai Rp100 ribu hingga Rp600 ribu rupiah, tergantung tingkat kesulitan pembuatannya. Fleksibelnya kain jumputan membuat kain ini disukai anak muda saat ini.

#Jumputan #Palembang #KainJumputan
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x