Kompas TV nasional breaking news

Heroik! Evakuasi Warga Kalideres di Gang Sempit, Tim Evakuasi Berenang

Kompas.tv - 2 Januari 2020, 17:51 WIB
Penulis : Dea Davina

Proses evakuasi terus dilakukan di wilayah Kalideres, Jakarta Barat. Salah satu prioritas utama adalah warga lanjut usia, anak balita dan wanita. Banyak kendala yang harus dilalui oleh tim evakuasi, salah satunya adalah faktor lokasi evakuasi yang berada di sebuah gang sempit dan padat penduduk.

Pengevakuasian anak balita dilakukan dengan menggunakan ban, karena perahu karet tidak bisa mengakses daerah tersebut. Bahkan tim evakuasi langsung berenang, karena lokasi yang merupakan gang sempit dan sulit untuk di akses.

Menurut Firdaus Ali, setiap individu mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan. Jangan lagi membuang sampah di badan air, jangan memblok atau menutup saluran air atau drainase yang ada. Bagi masyarakat yang belum pindah dari bantaran sungai, mereka harus mendidik diri nya sendiri dan keluarga untuk menyiapkan diri apabila sudah ada peringatan dari petugas untuk mengevakuasi diri. Apabila melewati jalur-jalur yang sempit, tidak mudah untuk mengevakuasinya.

Bagi masyarakat yang tidak terdampak banjir, inilah saatnya bagi kita untuk menunjukan solidaritas sosial kita. Untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x