HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

250 Warga Jember Keracunan Makanan Usai Merayakan Tahun Baru 2020

Kamis, 2 Januari 2020 | 17:34 WIB
250-warga-jember-keracunan-makanan-usai-merayakan-tahun-baru-2020
Salah satu korban keracunan ikan tongkol yang masih dirawat di Puskesmas Patrang Kabupaten Jember Kamis, 2 Jan 2020. (Sumber: Bagus Supriadi Kompas.com)

Sebanyak 250 warga Jember menjadi korban keracunan usai merayakan malam tahun baru 2020.

Diduga keracunan massal ini diakibatkan Ikan Tongkol, salah satu menu makanan malam jelang tutup tahun 2019. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini menjelaskan pihaknya sudah mengambil sisa makanan untuk pemeriksaan mikrobiologis dan kimiawi di laboratorium. Namun untuk hasil laboratorium, saat ini belum bisa diumumkan. 

"Sampel sisa makanan telah dikirim ke laboratorium di Surabaya, hasilnya belum keluar," kata Dyah melalui keterangan tertulis, seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (2/1/2020).

Di kesempatan berbeda, Wasilaturrahmi, salah satu korban keracunan malam tahun baru menjelaskan Ikan Tongkol yang diduga sebagai penyebab keracunan disantap bersama saat merayakan tahun baru 2020. Ikan didapat dari tempat pelelangan ikan Puger.

Menurut Wasilaturrahmi saat membeli kondisi ikan laut tersebut masih segar dan bersih. Ikan Tongkol yang dibelinya sudah dalam keadaan dibakar. Ia mengkonsumsinya bersama anak, suami, hingga mertuanya yang juga jadi korban keracunan. Namun setelah beberapa jam memakan ikan, Wasilaturrahmi merasakan pusing, wajah merah dan bengkak serta lidah terasa gatal.

Meski sudah meminum air kelapa muda untuk menetralisir racun yang diduga dibawa dari makan Ikan Tongkol, Wasilaturrahmi masih merasakan pusing.

Penulis : Haris Mahardiansyah

1
2



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:13
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   INGGRIS DAN AUSTRALIA IMBAU WARGANYA SEGERA TINGGALKAN INDONESIA YANG DILANDA PANDEMI KORONA   WALI KOTA DEPOK SEBUT DARI 1.443 ORANG YANG IKUTI "RAPID TEST" DI DEPOK, JAWA BARAT, 40 POSITIF TERINFEKSI VIRUS KORONA   HINDARI PENOLAKAN DARI WARGA, GUBERNUR SULSEL SEDIAKAN MAKAM KHUSUS JENAZAH TERINFEKSI VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH SATU VISI TANGANI PANDEMI KORONA   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMBATASAN SOSIAL DAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN DAERAH SEJAUH INI MASIH WAJAR   PEMKAB GIANYAR, BALI, SIAPKAN SATU HOTEL KHUSUS BAGI TENAGA MEDIS YANG MENANGANI VIRUS KORONA   KEMENAG PASTIKAN ARAB SAUDI TIDAK BATALKAN HAJI 2020    PRAJOGO PANGESTU SUMBANG PERALATAN MEDIS RP 30 MILIAR UNTUK PENANGANAN KORONA KE RS DI DKI, JABAR, DAN BANTEN   PRESIDEN JOKOWI TINJAU RS DARURAT UNTUK TANGANI PASIEN TERINFEKSI VIRUS KORONA DI PULAU GALANG, BATAM, KEPRI   JEPANG LAKUKAN UJI KLINIS UNTUK MELIHAT EFEKTIVITAS AVIGAN DALAM MENYEMBUHKAN PASIEN TERINFEKSI VIRUS KORONA   CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KEMENKUMHAM GANDENG PMI SEMPROTKAN DISINFEKTAN DI LAPAS   RUSIA KIRIM PESAWAT UNTUK BAWA BANTUAN MEDIS KE AS YANG TENGAH HADAPI PANDEMI KORONA   CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, KEMENKUMHAM BEBASKAN 5.556 NARAPIDANA