Kompas TV nasional berita kompas tv

BMKG Ungkap Penyebab Banjir Jakarta dan Sekitarnya!

Kompas.tv - 1 Januari 2020, 16:24 WIB
bmkg-ungkap-penyebab-banjir-jakarta-dan-sekitarnya
Banjir setinggi 1,5 meter menggenangi sejumlah RT di Kampung Makasar, Jakarta Timur, Rabu 1 Jan 2020 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Desy Hartini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan penyebab banjir di Jakarta dan sekitarnya. Menurut BMKG, adanya curah hujan ekstrem yang menyebabkan terjadinya banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (1/1/2020).

Berdasarkan pengukuran curah hujan yang dilakukan oleh BMKG di tiga titik, curah hujan di DKI Jakarta pada pergantian tahun 2020 tercatat tinggi.

Baca Juga: Bandara Halim Perdanakusuma Sudah Beroperasi Kembali

Berdasarkan keterangan tertulis BMKG, hasil pemantauan tersebut yakni di Landasan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, curah hujan mencapai 377 milimeter (mm). Kemudian, dari hasil pengukuran di Taman Mini (Jakarta Pusat), curah hujan tercatat sebesar 335 mm. 

Terakhir, hasil pemantauan di Jatiasih, Bekasi, curah hujan tercatat sebesar 259 mm.

Baca Juga: Banjir 1.5 Meter Rendam 6 Kecamatan di Karawang, Jawa Barat

Hingga kini banjir masih terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta tergenang banjir bahkan hingga tidak bisa dilewati kendaraan bermotor. Hujan cukup deras sebelumnya mengguyur Jakarta dan wilayah lain sejak Selasa (31/12/19) malam.

#Banjir #BanjirJakarta #Katulampa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x