Kompas TV nasional breaking news

Bandara Halim Perdanakusuma Sudah Beroperasi Kembali

Kompas.tv - 1 Januari 2020, 15:52 WIB
bandara-halim-perdanakusuma-sudah-beroperasi-kembali
Bandara Halim Perdanakusuma Menghentikan Operasi Sementara (Sumber: Marsma Fajar Adriyanto)
Penulis : Alexander Wibisono

 

JAKARTA, KOMPASTV - Bandara Halim Perdanakusuma sudah kembali normal beroperasi.

“Banjir di Runway Bandara Halim sudah berhasil kita tangani. Runway sudah bisa digunakan. Penerbangan normal sejak 15.30 (WIB)”, kata Marsekal Pertama Fajar Adriyanto kepada KompasTV melalui pesan singkat, Rabu (1/1).

Baca Juga: Stasiun Tanah Abang Pulih, Namun Sejumlah Jalur KRL Masih Terendam Banjir

Sebelumnya, aktivitas penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, berhenti sementara karena banjir. Hal ini dikarenakan landasan pacu Bandara digenangi air setinggi 30 sentimeter.

Sebanyak empat penerbangan menuju Halim dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta. Empat penerbangan itu dioperasikan Citilink dan Batik Air.

Empat pesawat itu yakni Batik Air ID 7542 dari Yogykarta dan ID7204 dari Balikpapan. Sedangkan Citilink QG111 dari Yogyakarta dan QG 171 dari Surabaya.

Baca Juga: Pantauan Udara Banjir DKI Jakarta, Sejumlah Kawasan Masih Terendam

Selain itu, ada sembilan penerbangan yang ditunda keberangkatannya dari Bandara Halim. Kesembilannya adalah Pelita Air tujuan Matak, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau, Trans nusa tujuan Matak, Citilink QG 010 tujuan Kualanamu, Citilink QG 140 tujuan Semarang, Citilink QG 120 tujuan Solo, dan Batik Air 7773 tujuan Ambon.

“Akses jalan bandara juga digenangi air sehingga menyulitkan calon penumpang pesawat menuju bandara,” begitu pernyataan tertulis dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti yang dikutip 1 Januari 2020.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x