Kompas TV klik360 cerita indonesia

Waspada! Kecanduan Gadget dan Game Online Bisa Bikin Gangguan Jiwa, Ini Buktinya

Senin, 30 Desember 2019 | 17:01 WIB

Sekarang ini gadget dan game online bukan cuma jadi gaya hidup, tapi sudah jadi kebutuhan sehari-hari. Bayangkan saja kalau gadget kita ketinggalan di rumah atau tak pegang gadget beberapa menit saja, rasanya mati gaya.

Gadget dan game online ini kalau digunakan terus menerus dan menimbulkan kecanduan bisa berdampak pada gangguan kesehatan mental kita loh bahkan ke gangguan jiwa!

Seperti salah satu kasus yang ditemui, ada seorang anak balita berusia 3 tahun yang selalu menangis, ngambek dan tidak mau makan kalau gadgetnya diambil sama orangtuanya. Maunya nonton youtube dan main game online terus di gadget.

Gangguan jiwa bukan hanya bisa menyasar balita tapi juga anak-anak, remaja dan dewasa yang sudah keranjingan dengan ciri-ciri lupa waktu ketika bermain game, menjadi agresif dan penyendiri.

Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat saja bisa menangani 2-3 orang pasien selama seminggu dan di Jakarta ada sekitar 31,4% angka kecanduan gadget dan game online di usia remaja. Sejak tahun 2016, ada beberapa kasus kecanduan gadget dan game online, mulai dari sang anak atau remaja mencuri, menjadi pengemis, bahkan membenturkan kepala ke dinding demi gadget dan game online.

Dari penelusuran tim Digital KompasTV, kebanyakan orangtua memberikan gadget dan game online kepada anak-anaknya biar tidak rewel dan bisa diam sehingga orangtua bisa mengerjakan aktivitas lainnya.

Pemerintah Jawa Barat dan Kota Bandung serta berbagai pihak juga mulai perhatian dengan kasus kecanduan gadget dan game online pada anak dan remaja ini. Salah satu langkah mengurangi kecanduan gadget dan game online pada anak adalah dengan memberikan anak ayam kepada para siswa. Ide itu dimunculkan oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Unik ya!

Sebenarnya kalau kita bisa mengendalikan pola menggunakan gadget dan bermain game online tidak masalah. Para ahli menyarankan agar kita bermain gadget atau game online tidak lebih dari 2 jam sehari. Dan untuk anak kecil, sebaiknya baru mulai diperkenalkan gadget pada usia 8-10 tahun. Atau juga lebih positifnya lagi bagi yang sudah kecanduan game bisa menyalurkannya ke ajang e-sport misalnya.

Jadi, tidak ada masalah dalam bermain gadget dan game online kalau kita mampu mengaturnya dengan baik, sehingga tidak sampai kecanduan yang berlebihan!

Editor : Sadryna Evanalia



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Gunung Kerinci Kembali Erupsi

Jumat, 30 Oktober 2020 | 23:24 WIB
Berita Daerah

10 Rumah di Kota Jambi Terbakar

Jumat, 30 Oktober 2020 | 23:24 WIB
Berita Daerah

Gudang Minyak Ilegal Terbakar

Jumat, 30 Oktober 2020 | 23:23 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
23:36
ASOSIASI BULU TANGKIS THAILAND SIAP GELAR TURNAMEN TUR ASIA SUPER 1000 DAN BWF WORLD FINALS PADA JANUARI 2021   MANCHESTER UNITED AKAN MENJAMU ARSENAL DALAM PEKAN KE TUJUH LIGA INGGRIS PADA MINGGU, 1 NOVEMBER 2020   SUKARELAWAN PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA DI JAYAPURA PERTANYAKAN UANG LELAH YANG BELUM DIBAYAR   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI NUSA TENGGARA TIMUR: 679 POSITIF, 498 SEMBUH, 7 MENINGGAL DUNIA   DINKES NTT: KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN (TTS), LEMBATA, ENDE, DAN SABU RAIJUA NIHIL KASUS KORONA   SEBANYAK 16 NARAPIDANA LAPAS KELAS II A PEKANBARU, RIAU, POSITIF TERINFEKSI KORONA, SEORANG DI ANTARANYA MENINGGAL   DINKES CIANJUR, JABAR: SELAMA PANDEMI KORONA, 40 TENAGA KESEHATAN DI CIANJUR TERINFEKSI COVID-19   BPBD SUKABUMI: 90 RUMAH DI DESA TUGUBANDUNG RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG, TIDAK ADA KORBAN JIWA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MENAIKKAN UMP JATENG 2021 MENJADI RP 1.798.979 ATAU NAIK 3,27% DARI UMP 2020 SEBESAR RP 1.742.015   DIREKTUR PENGUPAHAN KEMENAKER DINAR TITUS JOGASWITANI SEBUT 28 PROVINSI SETUJU UPAH MINIMUM 2021 TIDAK NAIK   JASA MARGA: VOLUME KENDARAAN DI RUAS TOL SOLO-NGAWI NAIK 57% SELAMA 27-29 OKTOBER 2020   PREDIKSI PUNCAK ARUS BALIK 1 NOVEMBER 2020, JASA MARGA IMBAU PENGGUNA TOL PULANG LEBIH AWAL   DITLANTAS POLDA METRO JAYA MENGKLAIM ADA PENURUNAN JUMLAH KECELAKAAN LALU LINTAS DI JAKARTA SELAMA LIBUR PANJANG   PT KAI: 30.470 PENUMPANG BERANGKAT DARI STASIUN GAMBIR, PASAR SENEN, & JAKARTA KOTA SELAMA 27-30 OKTOBER 2020