Kompas TV nasional sapa indonesia

Peka Melihat Peluang Bisnis di Tahun 2020, Ssst... Ini Rahasianya!

Kompas.tv - 30 Desember 2019, 10:57 WIB
Penulis : Dea Davina

Pelatih kesuksesan, Tung Desem Waringin kali ini mengajak kita untuk lebih peka melihat dan mencari peluang bisnis di tahun 2020. Pertama-tama, sebelumnya kita harus tahu bisnis apa yang akan dijalankan. Bagaimana kita mengetahuinya? Cari ilmunya terlebih dulu, karena ketika kita sudah punya ilmunya, segala bisnis yang dijalankan bisa jadi lebih sukses. 

Lalu, bagaimana kita bisa peka melihat peluang bisnis di tahun 2020? 

Yang pertama, kita harus mau meluangkan waktu, tenaga, pikiran, uang, energi, dan fokus kita untuk mencari peluang. Kalau Anda tidak mencari peluang, Anda tidak akan mendapat peluang. Kebanyakan orang terlalu sibuk dengan pekerjaannya terus sehingga tidak peka melihat peluang.

Menurut Richard Wiseman dalam bukunya The Science of Luck, ternyata orang yang meluangkan waktu untuk melihat ke kanan kiri, sabar, dan berhenti dulu dari pekerjaannya untuk melihat peluang, akan lebih beruntung dari orang yang terus-terusan bekerja. 

Nah, setelah fokus dan memilah-milah mana peluang yang tepat, baru kita fokus sampai jadi. Setelah jadi pun kita juga mesti berhenti dulu untuk melihat-lihat lagi jenis bisnis mana lagi yang akan meningkatkan diri kita dan stakeholder. Ini lebih joss!

Selain itu, luangkan diri Anda untuk membaca-baca buku, memperluas wawasan, bergaul dengan orang-orang yang lebih sukses, dan pergi ke luar negeri melihat peluang. Contohnya, ketika Tung Desem Waringin pergi ke Tiongkok, ia melihat berbagai macam bisnis yang bisa dijadikan peluang. 

Tips melihat peluang bisnis selanjutnya adalah belajar sejarah. Dengan mengetahui sejarah-sejarah yang terjadi di dunia, kita bisa antisipasi hal-hal yang akan terjadi, bukan bereaksi. Dalam 75 tahun biasanya terjadi 2 resesi 1 depresi, kita harus siap antisipasi.  

Ketiga, Anda harus antisipasi peraturan-peraturan pemerintah. Jadi, bila ada peraturan yang berubah atau diperbarui, Anda bisa mendapat peluang bisnis dari situ. Misal, ada program 1 juta rumah subsidi, penggenjotan ekspor, atau investasi asing dipermudah. Jadi, selalu akan ada peluang ketika pemerintah membuat peraturan baru untuk meningkatkan perekonomian. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x