Kompas TV nasional kompas pagi

Perbandingan Penyerang Novel Baswedan dengan Sketsa Polisi, Miripkah?

Kompas.tv - 29 Desember 2019, 10:00 WIB

Sebelum 2 tersangka penyerang Novel Baswedan ditangkap polisi sudah beberapa kali menyebarkan sketsa tersangka pelaku. 

Pertama pada 31 Juli 2017 oleh Kapolri yang saat itu dijabat Jenderal Tito Karnavian. Saat itu Tito menjabarkan sketsa penyerang novel di kantor presiden. Tito menyatakan pembuatan sketsa menggunakan teknologi mutakhir. Menurut Tito sketsa itu digambar setelah seorang saksi mengaku melihat wajah pelaku 5 menit sebelum Novel diserang.

Baca Juga: Kapolri Prihatin Penyerang Novel, Polri Aktif

Sketsa wajah juga pernah dirilis pada 24 November 2017 oleh Kapolda Metro Jaya saat itu Irjen Idham Azis. Berbeda dengan yang dirilis Tito Karnavian pada Juli 2017 Idham Azis saat itu merilis 2 sketsa wajah. Saat itu Idham Azis mengaku sketsa wajah dibuat berdasarkan pemeriksaan 2 saksi kunci yang sempat melihat para pelaku sebelum serangan air keras ke wajah Novel.

Baca Juga: Ini Wajah Pelaku Penyerangan Novel Baswedan

Wajah kedua pelaku penyiraman air keras kepada penyidik KPK Novel Baswedan akhirnya diungkap ke publik. Hal itu terlihat saat keduanya dibawa ke Bareskrim Mabes Polri sesuai dilakukan penyelidikan di Polda Metro Jaya. Sontak saja, wajah keduanya langsung dibandingkan oleh publik dengan sketsa yang pernah dirilis pihak kepolisian beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 2 Anggota Polri Penyerang Novel Jadi Tersangka

Dua pelaku berinisial RB dan RM ini dikeluarkan dari ruang pemeriksaan Polda Metro Jaya sekira pukul 14.26 WIB. Keduanya mengenakan baju tahanan berwarna oranye dengan kedua tangan diikat. Para pelaku dibawa oleh Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto ke mobil polisi. Kedua pelaku tampak berambut pendek, satu pelaku bertubuh sedikit gempal sementara satunya lagi tinggi dan agak lebih kurus.

#NovelBaswedan #PenyerangNovel #SketsaPelaku



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x