Kompas TV nasional kompas malam

Arus Balik Libur Natal 2019, 59.000 Kendaraan Padati Tol Japek!

Kompas.tv - 26 Desember 2019, 01:16 WIB
Penulis : Reny Mardika

Rabu (26/12) malam ini diprediksi akan menjadi puncak arus balik libur Natal 2019. Pihak Jasa Marga menyebut setidaknya ada 338.000 kendaraan yang akan kembali ke Jakarta.

Meski disebut akan jadi puncak arus balik libur Natal, lalu lintas di ruas Tol Cikampek menuju Jakarta terpantau masih ramai lancar. Tidak ada antrean kendaraan yang panjang, kecuali di titik-titik pertemuan seperti kilometer 10 dan kilometer 47.

Guna mengantisipasi kemacetan, pihak kepolisian memberlakukan sistem contra flow. Berlaku situasional, rekayasa lalu lintas lawan arah ini diberlakukan mulai dari kilometer 65 hingga kilometer 47. Hingga pukul 20.00 WIB, setidaknya 59.000 kendaraan telah melintas ruas tol Cikampek menuju Jakarta.

Arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (25/12) malam dipadati kendaraan arus balik yang datang dari arah Bandung dan Cirebon. Kemacetan pun terjadi sejak km 72 untuk kendaraan yang datang dari arah tol Cipularang dan km 70 untuk kendaraan yang datang dari tol Cipali atau dari arah Cirebon menuju Jakarta.

Rata-rata kendaraan hanya dapat melaju dengan kecepatan 20 hingga 30 kilometer per jam. Untuk mengurai kemacetan polisi menerapkan rekayasa lalu lintas contra flow dari km 66 hingga hingga kilometer  47.

Sempat diguyur hujan deras, arus balik cuti bersama libur Natal di kawasan Puncak Bogor terpantau ramai lancar. Petugas Satlantas Polres Bogor sebelumnya sempat memberlakukan sistem one way atau satu arah ke bawah dari arah Puncak menuju Jakarta. Petugas baru melakukan sistem penormalan di kedua arahnya pada pukul 19.00 WIB. Setelah dibuka, terpantau kedua arah di kawasan Puncak Bogor ramai lancar.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x