Kompas TV nasional sapa indonesia

Penjelasan Desainer Nagara Rimba Nusa, Antara Alam, Manusia dan Tuhan

Kompas.tv - 26 Desember 2019, 00:50 WIB
Penulis : Reny Mardika

Nagara Rimba Nusa  adalah konsep desain kawasan Ibu Kota Negara baru, yang diusung oleh Tim Urban Plus. Karya ini ditetapkan sebagai pemenang pertama sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara  baru mengalahkan empat finalis lainnya. Konsep yang diusung Nagara Rimba Nusa adalah menyandingkan antara manusia dan alam.

Ketua Tim Desainer Urban Plus, Sibarani Sofian mengatakan, kawasan Sepaku,  di Kabupaten Penajam Paser Utara tak lepas dari kehidupan air. Oleh karena itu, konsep desainnya pun diupayakan mendekati tepian air.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pembangunan Ibu Kota bukan hanya semata-mata pemindahan lokasi, tapi ia ingin ada pemindahan sistem dan pemindahan budaya kerja.

Jokowi juga ingin Ibu Kota baru tak hanya smart city, tapi juga kota smart economy yang bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

Gubernur Jawa Barat sekaligus dewan juri sayembara desain Ibu Kota Negara, Ridwan Kamil mengatakan, Presiden Joko Widodo punya keinginan tertentu terkait skema Ibu Kota Negara yang baru. Ridwan Kamil menyebut, Jokowi ingin desain Ibu Kota baru memiliki identitas, yang menggambarkan Indonesia di masa depan dan berbeda dari negara lain.

Menurut rencana, Istana Kepresidenan akan dibangun di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Tahap pembangunan Ibu Kota Negara dijadwalkan akan dimulai konstruksinya pada tahun 2020.

Apa saja konsep  yang diusung dari desain Nagara Rimba Nusa, sehingga memenangkan sayembara gagasan desain Ibu Kota Negara baru? Apa saja kecanggihan dan mewujudkan kota modern yang bersinergi dengan alam di Penajam Paser Utara?

Untuk membahasnya sudah hadir di studio Ketua Tim Desainer Urban Plus, Sibarani Sofian. Kemudian Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga. Serta Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Yayat Supriatna.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x