Kompas TV nasional sapa indonesia

Ini Jenis-jenis Serum Anti-Bisa Ular yang Ada di Dunia

Kompas.tv - 23 Desember 2019, 00:21 WIB
Penulis : Christandi Super

Bersama Tara dari Komunitas Snakebite Accident Indonesia, Sapa Indonesia Akhir Pekan membahas pengalaman dan tips menghadapi ular, khususnya ular kobra yang sedang geger akhir-akhir ini. Ketika menangani masalah gigitan ular, Tara menyarankan untuk melakukan imobilisasi dengan membuat bidai di bagian tubuh yang kena gigitan. Bidai ini seperti penanganan patah tulang tapi bukan dengan gip. Bahannya sendiri dengan benda yang kaku seperti kayu, kardus atau triplek.

Setelah dibidai, korban gigitan ular harus segera dibawa ke layanan kesehatan. Korban tidak boleh bergerak, bisa ular tidak boleh diisap, dan tidak boleh diikat. Jadi, area gigitan ular tersebut sebisa mungkin tidak boleh dibuat bergerak.

Selain itu, Tara juga menjelaskan kesalahan-kesalahan yang dilakukan ketika menangani gigitan ular. Misalnya area jari kita tergigit ular, biasanya yang dibidai hanya jarinya saja, padahal harusnya seluruh bagian tangan yang kena gigitan tersebut harus dibidai. 

Ahli Toksologi, Dokter Tri Maharani juga menjelaskan berbagai serum anti-bisa ular yang ada di Indonesia. Ada apa saja ya? Yuk, ikuti penjelasannya di video ini!

 

  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x