Kompas TV video cerita indonesia

[FULL] Hari Ibu, Megawati Bicara Soal Perempuan Indonesia

Kompas.tv - 22 Desember 2019, 20:32 WIB
Penulis : Abdur Rahim

Memperingati Hari Ibu, Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri memberikan pidato. Ketua BPIP ini memberikan semangat kepada seluruh perempuan-perempuan Indonesia agar bisa berkontribusi untuk negara ini. Tak hanya laki-laki yang boleh memimpin, perempuan di Indonesia juga memiliki hak yang sama. 

Baca Juga: Sosok Perempuan Indonesia Yang pernah jadi Panglima Perang, Siapa?


Dalam pidatonya, Megawati menegaskan bahwa hak-hak perempuan sebagai warga negara Indonesia adalah sama. Menurutnya, hal ini sudah diatur dengan jelas di dalam Undang-Undang Dasar 1945. Konstitusi mengatakan bahwa “setiap warga negara memiliki hak yang sama”. Konstitusi memakai kata “setiap warga”, tetapi tidak pernah menegaskan antara warga negara laki-laki dan perempuan.

Menurut Mega, baik itu laki-laki maupun perempuan, memiliki hak yang sama. Mega juga mengajak kita  semua untuk berterima kasih kepada Bapak pendiri bangsa yang telah mengatur konstitusi sedemikian rupa.

Baca Juga: Ternyata Sri Mulyani Jadi Direktur Bank Dunia Atas Rekomendasi....

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar acara Seminar Nasional yang bertema “Perempuan Hebat Untuk Indonesia Maju”. Acara ini dihadiri oleh Presiden RI ke-5 yang sekaligus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri.

Dalam pidatonya, Megawati menyebut bahwa dirinya ingin melihat panglima TNI berasal dari kalangan perempuan. Bukan tidak mungkin menurutnya. Sebab, hal serupa sebelumnya sudah pernah terjadi di masa lalu, seperti pahlawan nasional dari Aceh, Cut Nyak Dien.

Berikut Pidato Full dari Presiden perempuan pertama Republik Indonesia itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x