Kompas TV video cerita indonesia

Ridwan Kamil Bocorkan Desain Ibu Kota Baru

Kompas.tv - 21 Desember 2019, 17:50 WIB
Penulis : Yuilyana

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil adalah salah satu dari 13 orang juri sayembara desain ibu kota baru Indonesia. Ia pun memberikan sedikit bocoran terkait desain ibu kota baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ridwan mengungkapkan, dari desain yang terpilih, ibu kota baru akan memiliki identitas bangsa Indonesia yang sangat kuat. Ridwan memastikan desain yangtelah terpilih akan memproyeksikan ibu kota baru memiliki desain kota pintar di kemudian hari.

Pemenang sayembara desain ibu kota baru pun akan diumumkan pada 23 Desember 2019. Konsep ibu kota baru secara detail akan dijabarkan oleh Presiden Jokowi termasuk siapa pemenang sayembara desain tersebut. Ridwan kamil pun memastikan desain ibu kota baru akan membanggakan bangsa Indonesia. Karena membuktikan Indonesia memiliki desain yang dikelola oleh bangsa Indonesia sendiri, bukan warisan kolonial. Termasuk pembangunan Istana Presiden, hingga klaster-klaster yang ada di ibu kota baru.

Sebelumnya pada pertemuan calon pemenang sayembara desain Ibu Kota baru, di Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi menyampaikan tujuan pemerintah memindahkan ibu kota negara dari Pulau Jawa ke Kalimantan sebagai upaya transformasi ekonomi. Indonesia ingin membangun selain klaster pemerintahan nanti ada klaster pendidikan, kesehatan, riset dan inovasi, dan ada klaster financial center, sehingga dari sini lah akan ada sebuah transformasi ekonomi dari ekonomi yag dimiliki sekarang ini masuk kepada smart economy.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.