Kompas TV nasional kompas pagi

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar, Mengatakan Ecoton Salah Alamat

Sabtu, 21 Desember 2019 | 08:46 WIB

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan putusan Pengadilan Negeri Kota Surabaya yang menyatakan pemerintah provinsi lalai dalam menangani pencemaran di Sungai Brantas.

Bagi Gubernur Khofifah, sejak semula, gugatan yang diajukan oleh LSM Lingkungan Ecoton terkait pencemaran di Sungai Brantas, salah alamat.

Pengelolaan Sungai Brantas menurut khofifah berada di lingkup Kementerian PUPR, lewat Perum Jasa Tirta.  Meski dinyatakan lalai, Gubernur Khofifah menyatakan tetap akan mengurus Sungai Brantas. Salah satunya lewat Program Brantas Tuntas yang akan bekerja sama dengan delapan perguruan tinggi se-Jawa Timur.
Rabu lalu, Pengadilan Negeri Kota Surabaya menyatakan para tergugat dalam kasus pencemaran kali brantas telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Para tergugat yang dimaksud adalah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kementerian Lingkungan Hidup, Dan Kementerian PUPR.

Direktur Eksekutif Ecoton, bersyukur gugatannya dikabulkan hakim. Terlebih karena akan ada inovasi baru, dalam sistem pengawasan limbah, yakni memakai kamera pemantau , yang dipasang di saluran limbah cair pabrik, di sepanjang aliran sungai. Jika ada pabrik yang nakal, akan lebih mudah teridentifikasi. Ecoton juga akan menyiapkan gugatan baru, dengan tuduhan wanprestasi. 

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:21
ARMENIA DAN AZERBAIJAN SEPAKAT GENCATAN SENJATA DALAM KONFLIK NAGORNO-KARABAKH   SINGAPURA HENTIKAN PENGGUNAAN 2 VAKSIN INFLUENZA SKYCELLFLU QUADRIVALENT DAN VAXIGRIPTETRA   ISRAEL MULAI UJI COBA KANDIDAT VAKSIN KORONA POTENSIAL TERHADAP MANUSIA PADA 1 NOVEMBER 2020   TIONGKOK GELAR TES KORONA SECARA MASSAL TERHADAP 4,75 JUTA WARGA XINJIANG SETELAH ADA 137 KASUS KORONA BARU   KEMENAG TENGAH MENYUSUN ATURAN BEBAS KORONA BAGI CALON JEMAAH UMRAH ASAL INDONESIA   POLRI SELIDIKI OKNUM BRIMOB YANG JADI PEMASOK SENJATA KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA (KKB) PAPUA   JENAZAH STAF KPU WONOGIRI YANG DITEMUKAN DI KAMAR HOTEL SOLO DIBAWA KE RSUD DR MOEWARDI SOLO UNTUK DIOTOPSI   SEORANG STAF KPU WONOGIRI DITEMUKAN MENINGGAL DI DALAM KAMAR HOTEL DI SOLO, JAWA TENGAH   KPU KOTA SEMARANG SEDIAKAN 3.447 ALAT BANTU HURUF BRAILE UNTUK PEMILIH PENYANDANG TUNANETRA   SEORANG ISTRI POLISI DI PENAJAM PASER UTARA, KALTIM, JADI TERSANGKA KASUS INVESTASI BODONG & ARISAN DARING RP 200 JUTA   DINKES CILACAP, JAWA TENGAH: 489 DARI 502 SANTRI DI CILACAP SEMBUH DARI KORONA    DEBAT PILKADA BALIKPAPAN, KALTIM, DIBATALKAN KARENA KETUA KPU BALIKPAPAN NOOR TOHA POSITIF TERINFEKSI KORONA   PT KAI: 83.000 TIKET KERETA API TERJUAL UNTUK LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   PRESIDEN JOKOWI RILIS ATURAN BARU PENGELOLAAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) DEMI TEKAN PUNGLI