Kompas TV nasional sapa indonesia

Ada Radikalisme di Kementerian Keuangan? Begini Kata Kemenkeu

Kompas.tv - 19 Desember 2019, 23:12 WIB
Penulis : Christandi Super

Setelah BUMN dan Kementerian Agama, kali ini Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menyebut menangani sikap kebangsaan jajarannya jauh lebih sulit daripada mengurus keuangan negara.

Seberapa dalam paham radikalisme mengakar di kalangan ASN saat ini? Bagaimana negara serta masyarakat menyikapinya?

Isu keberagaman dan toleransi masih menjadi tantangan. Isu-isu tersebut juga muncul di level pemerintahan, tak terkecuali di lingkungan Kementerian Keuangan. Menteri Keuangan Sri Mulyani menceritakan bahwa kementeriannya dihinggapi banyak gerakan religius yang eksklusif, hingga pegawai Kementerian Keuangan mulai terkotak-kotak. Menghadapi kondisi ini, Sri Mulyani lebih mengutamakan langkah dialog dan diskusi, sehingga muncul pemahaman yang benar.

Pemerintah telah mewaspadai merebaknya gerakan radikalisme di kalangan Aparatur Sipil Negara atau ASN, yaitu dengan menerbitkan Surat Keputusan Bersama atau SKB 11 Menteri. Sebagai abdi negara, memang sudah seharusnya seorang ASN memiliki sikap dan perilaku yang dinilai baik oleh masyarakat. Selain itu, menjadi ASN juga harus mencerminkan kecintaannya terhadap Tanah Air.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.