Kompas TV nasional berkas kompas

Dukungan Negara dan Masyarakat Jadi Harapan Para Penyandang Disabilitas BERKAS KOMPAS (Bag3)

Kompas.tv - 19 Desember 2019, 19:37 WIB

Setiap tanggal 3 Desember dunia memperingati Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Peringatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan bagi penyandang disabilitas. Sayangnya, di tengah kemeriahan perayaan hari disabilitas internasional , sejumlah hak penyandang disabilitas masih terabaikan. Akses transportasi dan fasilitas umum masih belum ramah terhadap penyandang disaibilitas.

Demi melawan arus diskriminasi , sebagian dari terus berjuang membuktikan diri bahwa mereka mampu berkarya. Di Bandung , Jawa Barat, media newsdifabel.com yang didirikan oleh Suhendar memproduksi karya jurnalistik , dari dua puluh delapan kontributor , dengan latar belakang penyandang disabilitas. Ada pula kisah Sikdam Hasim. Memiliki keterbatasan tak membuat Sikdam patah arang. Dia menjadi duta PBB untuk disabilitas yang lantang menyuarakan kesetaraan untuk penyandang disabilitas.

Stigma pada masyarakat kerap kali membuat penyandang disabilitas mengalami diskriminasi. Dianggap tak mampu bekerja produktif tidak bisa berprestasi bahkan dicap sebagai beban dalam masyakat membuat perjuangan hidup penyandang disabilitas kian berat. Kesetaraan bagi para penyandang disabilitas bisa terwujud. Asalkan negara serius merangkul penyandang disabilitas, dan masyarakat tidak memandang sebelah mata.

 

#BerkasKompas #Disabilitas #FasilitasDisabilitas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.