HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berkas kompas

Dukungan Negara dan Masyarakat Jadi Harapan Para Penyandang Disabilitas BERKAS KOMPAS (Bag3)

Kamis, 19 Desember 2019 | 19:37 WIB

Setiap tanggal 3 Desember dunia memperingati Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Peringatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan bagi penyandang disabilitas. Sayangnya, di tengah kemeriahan perayaan hari disabilitas internasional , sejumlah hak penyandang disabilitas masih terabaikan. Akses transportasi dan fasilitas umum masih belum ramah terhadap penyandang disaibilitas.

Demi melawan arus diskriminasi , sebagian dari terus berjuang membuktikan diri bahwa mereka mampu berkarya. Di Bandung , Jawa Barat, media newsdifabel.com yang didirikan oleh Suhendar memproduksi karya jurnalistik , dari dua puluh delapan kontributor , dengan latar belakang penyandang disabilitas. Ada pula kisah Sikdam Hasim. Memiliki keterbatasan tak membuat Sikdam patah arang. Dia menjadi duta PBB untuk disabilitas yang lantang menyuarakan kesetaraan untuk penyandang disabilitas.

Stigma pada masyarakat kerap kali membuat penyandang disabilitas mengalami diskriminasi. Dianggap tak mampu bekerja produktif tidak bisa berprestasi bahkan dicap sebagai beban dalam masyakat membuat perjuangan hidup penyandang disabilitas kian berat. Kesetaraan bagi para penyandang disabilitas bisa terwujud. Asalkan negara serius merangkul penyandang disabilitas, dan masyarakat tidak memandang sebelah mata.

 

#BerkasKompas #Disabilitas #FasilitasDisabilitas

Editor : Novian Zainul Arifin



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:22
PEMPROV BENGKULU BUAT APLIKASI E-NGADU UNTUK BERANTAS KORUPSI, IDENTITAS PELAPOR DIRAHASIAKAN   KPK MENGAPRESIASI PEMPROV JABAR DALAM MENETAPKAN DATA PENERIMA BANTUAN SOSIA TAHAP DUA   MENDESA ABDUL HALIM ISKANDAR MENYATAKAN 97 PERSEN DESA TELAH SALURKAN BLT DANA DESA   KEMENTERIAN PPPA: PAPARAN RADIKALISME DAN AJARAN TERORISME DAPAT MEMBUAT ANAK KELIRU PAHAMI AGAMA    KEMENKES: JUMLAH ANGGARAN INSENTIF TENAGA KESEHATAN SUDAH TEREALISASI SEBESAR RP 278 MILIAR    KEMENKES KLAIM TELAH MEMBERIKAN INSENTIF PADA 166.029 ORANG TENAGA KESEHATAN    DINKES JABAR MINTA ORANGTUA UTAMAKAN PENCEGAHAN KORONA TERHADAP ANAK SELAMA MASA "NEW NORMAL"   PSBB TRANSISI, PEMPROV DKI IZINKAN GELANGGANG REKREASI DAN OLAHRAGA BEROPERASI KEMBALI MULAI 12 JULI 2020   JAM OPERASIONAL TRANSPORTASI UMUM DI KOTA TANGERANG DIPERPANJANG DARI PUKUL 20.00 WIB MENJADI 22.00 WIB   HINGGA 8 JULI 2020, DINKES KOTA BEKASI MENYATAKAN DELAPAN RW MASIH BERADA DI ZONA MERAH KORONA   9 KARYAWAN POSITIF KORONA, PABRIK PENGOLAHAN KAYU DI PROBOLINGGO, JATIM, DITUTUP & 3.600 PEKERJA DIRUMAHKAN   PEMKOT JAKTIM AKAN TANDAI HEWAN KURBAN YANG TAK LAYAK DENGAN "PYLOX" WARNA MERAH   JELANG IDUL ADHA, PEMKOT JAKTIM IMBAU WARGA TAK POTONG HEWAN KURBAN DI WILAYAH ZONA MERAH KORONA   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI PENDIDIKAN DARING SELAMA PANDEMI TAK OPTIMAL KARENA TERKENDALA JARINGAN INTERNET