HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berkas kompas

Keterbatasan Tak Menghambat Penyandang Disabilitas Berkarya BERKAS KOMPAS (Bag2)

Kamis, 19 Desember 2019 | 19:40 WIB

Setiap tanggal 3 Desember dunia memperingati Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Peringatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan bagi penyandang disabilitas. Sayangnya, di tengah kemeriahan perayaan hari disabilitas internasional , sejumlah hak penyandang disabilitas masih terabaikan. Akses transportasi dan fasilitas umum masih belum ramah terhadap penyandang disaibilitas.

Demi melawan arus diskriminasi , sebagian dari terus berjuang membuktikan diri bahwa mereka mampu berkarya. Di Bandung , Jawa Barat, media newsdifabel.com yang didirikan oleh Suhendar memproduksi karya jurnalistik , dari dua puluh delapan kontributor , dengan latar belakang penyandang disabilitas. Ada pula kisah Sikdam Hasim. Memiliki keterbatasan tak membuat Sikdam patah arang. Dia menjadi duta PBB untuk disabilitas yang lantang menyuarakan kesetaraan untuk penyandang disabilitas.

Stigma pada masyarakat kerap kali membuat penyandang disabilitas mengalami diskriminasi. Dianggap tak mampu bekerja produktif tidak bisa berprestasi bahkan dicap sebagai beban dalam masyakat membuat perjuangan hidup penyandang disabilitas kian berat. Kesetaraan bagi para penyandang disabilitas bisa terwujud. Asalkan negara serius merangkul penyandang disabilitas, dan masyarakat tidak memandang sebelah mata.

 

#BerkasKompas #Disabilitas #FasilitasDisabilitas

Editor : Novian Zainul Arifin



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
22:32
PT KAI AKAN OPERASIKAN KERETA API SEMBRANI JURUSAN JAKARTA-SURABAYA MULAI JUMAT, 10 JULI 2020   DIREKTUR UTAMA PT GARUDA INDONESIA KLAIM PENDAPATAN TURUN HINGGA 90 PERSEN AKIBAT PANDEMI KORONA   BADAN PENYELENGGARA JAMSOSTEK MINTA KEMENKEU HAPUS PAJAK PENCAIRAN DANA PESERTA JAMINAN HARI TUA   KEMENHAN BANTAH BERENCANA BELI PESAWAT MILITER JENIS MV-22 BLOCK C OSPREY DARI AMERIKA SERIKAT   MENDAGRI: PENYELENGGARAAN PILKADA 2020 DI WILAYAH ZONA MERAH TETAP DILAKSANAKAN DAN TAK BISA DITUNDA   MENAKER TARGETKAN SERAP 95.315 TENAGA KERJA MELALUI PROGRAM PERLUASAN KESEMPATAN KERJA UMKM PADA 2021    DISNAKER: 8.282 KARYAWAN DI 73 PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG TERKENA PHK SELAMA PANDEMI KORONA   PEMKOT BEKASI AKAN PERIKSA 500 PENGUNJUNG "CAR FREE DAY" SECARA ACAK DI 11 TITIK YANG BERADA DI JALAN AHMAD YANI   WALI KOTA BEKASI AKAN GELAR "RAPID TEST" TERHADAP PENGUNJUNG "CAR FREE DAY" SECARA ACAK AKHIR PEKAN INI   KPK BERHARAP ADANYA PERATURAN MAHKAMAH AGUNG YANG MENGATUR PERSIDANGAN DARING SELAMA PANDEMI   KEMENDAGRI: MELALUI LAYANAN DARING WARGA BISA CETAK KK HINGGA AKTA KELAHIRAN SENDIRI DI RUMAH TANPA ANTRE   KEMENDAGRI BUKA LAYANAN DARING MELALUI WHATSAPP & SITUS UNTUK URUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN PENCATATAN SIPIL   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA MENHAN PRABOWO SUBIANTO BELANJA ALUTSISTA DARI PERUSAHAAN DALAM NEGERI   PRESIDEN JOKOWI MINTA JAJARANNYA SEGERA BELANJAKAN ANGGARAN UNTUK REDAM DAMPAK EKONOMI AKIBAT PANDEMI