Kompas TV video cerita indonesia

Lukisan Bakar, Ide Kreatif Melukis dengan Solder dan Limbah Kayu

Kompas.tv - 19 Desember 2019, 16:37 WIB
Penulis : Desy Hartini

Berawal dari keahliannya sebagai seniman lukis bermedia kanvas dan cat, Erik Ikhsan, warga Cianjur, Jawa Barat mencoba tantangan baru, yakni menjadi seniman lukisan bakar atau pirography. Erik menekuni karya barunya ini hingga menghasilkan karya seni lukis bakar dengan berbagai lukisan lukisan cantik dan menarik.

Untuk bahan dasarnya, Erik menggunakan sebagian limbah kayu yang sudah tidak terpakai sebagai pengganti kanvas. Sementara, teknik melukisnya menggunakan sebuah adaptor kecil yang dihubungkan ke sebuah alat pen menyerupai solder listrik. Alat pen ini menggeluarkan bara api yang dapat digunakan sebagai alat untuk melukis.

Mulanya, sang seniman membuat sebuah sketsa gambar di atas kayu yang sudah dibentuk hingga menghasilkan berbagai karya lukisan bakar seperti, kaligrafi, lukisan wajah, lukisan hewan, pemandangan alam, dan lainnya.

Bentuk dan karakter lukisan bakar ini dapat dipesan sesuai keinginan pemesan. Dalam sehari, Erik dapat menghasilkan lima buah karya seni lukisan bakar yang siap untuk dipasarkan. Sementara, untuk harga lukisan dan miniatur karya Erik ini bervarian, mulai dari Rp50 Ribu hingga Rp1Juta tergantung jenis dan ukuran lukisannya. Erik pun memasarkan karya-karya seninya melalui jejaring sosial, Facebook dan Instagram hingga pesanan pun terus berdatangan dari berbagai daerah.

#Lukisan #LukisanBakar #Pirography
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.