Kompas TV nasional sapa indonesia

Kasus Supercar Bodong, Pengamat: Ada Oknum-Oknum Tertentu yang Gak Bisa Disentuh

Kamis, 19 Desember 2019 | 00:12 WIB

Mengenai gencarnya penyisiran mobil-mobil mewah bodong akhir-akhir ini, Direktur Pabean Bea dan Cukai, Syarif Hidayat mengatakan bahwa kasus-kasus tersebut dikumpulkan sejak 2016 dan memang akan diumumkan di akhir tahun ini. 

Seperti yang terjadi di Surabaya, unit-unit supercar seperti Lamborghini seharga lebih dari Rp 10 miliar dirazia. Mobil-mobil ini masuk melalui impor resmi dan dokumennya ada, tetapi tidak diteruskan ke proses pembuatan BPKB dan STNK-nya.   

Pengamat Hukum Asep Iwan Iriawan menjelaskan bahwa dari urusan kepabeanan mobil-mobil tersebut tidak ada masalah. Namun, masih ada yang harus diselesaikan seperti pajak. Asep menegaskan mengenai penegakan hukum terhadap mobil mewah. Jangan sampai ada oknum-oknum yang tidak tersentuh aturan hukum tersebut, jadi harus ada tindak lanjutnya.  

Yang terbaru, Dirjen Bea Cukai dan Kementerian Keuangan kembali membongkar kasus penyelundupan 19 mobil mewah dan 35 motor mewah melalui Pelabuhan Tanjung Priok.

Catatan Kementerian Keuangan soal mobil yang gagal diselundupkan di antaranya: Porsche 911 GT3 RS, Porsche 911 Carrera, dan juga Ferrari Dino 308 GT4. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui tahun 2019 ini terjadi lonjakan penyelundupan. Adapun modus penyelundupan supercar dan moge di Tanjung Priok dipalsukan dalam dokumen sebagai batu bata, suka cadang mobil, dan perkakas.

Editor : Christandi Super



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:32
MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO DUKUNG PENEGAKAN HUKUM BAGI PEMBUANG LIMBAH RADIOAKTIF ILEGAL   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH SAMPAIKAN NADA POSITIF DAN OPTIMISTIS KEPADA MASYARAKAT DALAM HADAPI COVID-19   KETUA KOMITE PENANGANAN COVID-19 AIRLANGGA HARTARTO SEBUT DAERAH ZONA MERAH DIDAHULUKAN DALAM VAKSINASI COVID-19   BUPATI BOGOR MINTA PENGUNJUNG PASAR DAN MAL TETAP TERAPKAN MEMAKAI MASKER, MENJAGA JARAK, DAN MENCUCI TANGAN   ANTISIPASI BANJIR, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN HARAP CAMAT DAN LURAH DI JAKARTA PUNYA ALAT UKUR HUJAN   BADAN NARKOTIKA NASIONAL TELUSURI DUGAAN KEBUN GANJA DI TASIKMALAYA   BNN ACEH MUSNAHKAN 3,5 HEKTAR LADANG GANJA DI KAKI GUNUNG SEULAWAH, ACEH BESAR   KEMENSOS: 10 JUTA PESERTA PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERIMA BANTUAN BERAS 45 KG PER KELUARGA   WAKIL MENTERI BUMN BUDI GUNADI SARANKAN PELAKU INDUSTRI JAGA ARUS KAS KEUANGAN HINGGA 2022   MENDAG DORONG USAHA KECIL MENENGAH JAJAKI PASAR EKSPOR KE BRASIL DAN ARGENTINA   WAKIL KETUA DPRD DKI M TAUFIK MINTA PEMPROV SEDIAKAN KANTONG BELANJA RAMAH LINGKUNGAN   DUKUNG PERCEPATAN PENGEMBANGAN VAKSIN, KEMENRISTEK BERENCANA BANGUN PABRIK VAKSIN COVID-19 SKALA KECIL DI SERPONG   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT CERMAT DALAM MEMILAH DAN MEYIKAPI INFORMASI SOAL VAKSIN COVID-19   PANDEMI KORONA, SATGAS COVID-19: PENUNDAAN KOMPETISI SEPAK BOLA NASIONAL LIGA 1 DEMI KESELAMATAN MASYARAKAT