Kompas TV video cerita indonesia

Wiranto Mundur dari Dewan Pembina Partai Hanura, Kenapa?

Kompas.tv - 18 Desember 2019, 23:05 WIB
Penulis : Abdur Rahim

Mantan Menkopolhukam Wiranto mengumumkan mundur dari jabatan sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Hanura. Pengunduran ini disebabkan karena ia mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres.

Menurut Wiranto, tugasnya sebagai Ketua Wantimpres jauh lebih berat, sehingga ia tidak ingin diganggu dengan pekerjaan lain dalam partai politik. Tak hanya itu, belakangan ia juga merasa kurang nyaman berada di Partai Hanura. Sebagai pendiri Partai Hanura, dirinya merasa tidak dihargai oleh kepengurusan partai yang sekarang. Wiranto menilai semangat dari partai yang ia dirikan ini sudah berbeda jika dilihat dari gelaran Musyawarah Nasional ke-3 kemarin. Konflik internal partai membuat Hanura tidak lagi sejalan sesuai harapan. 

Sebelumya, Wiranto juga sempat meminta Ketua Partai Hanura yang sekarang, Oesman Sapta Odang (OSO) untuk mundur dari jabatannya. Wiranto mengatakan, dalam pakta integritas yang ditandatangani OSO dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) 2016 disepakati bahwa mantan Ketua DPD itu hanya menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hanura hingga 2019. Pada Munaslub itu, OSO menggantikan Wiranto sebagai Ketua Umum Hanura. 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x