Kompas TV regional berita daerah

Yuk Berlibur ke Hutan Pinus dari Zaman Belanda

Kompas.tv - 17 Desember 2019, 16:39 WIB
Penulis : Reny Mardika

Taman wisata alam punti kayu di Palembang, Sumatera Selatan, menyajikan panorama hutan pinus yang ditanam sejak zaman Belanda. Berada di tengah kota, lebih dari 80 persen lahannya ditumbuhi pohon pinus yang masih terjaga kelesatriannya.

Taman Wisata Alam Punti Kayu yang ada di tengah kota Palembang ini tepat di sisi Jalan Kolonel Haji Burlian kilometer 6, merupakan kawasan hutan pinus terbesar. Kawasan yang memiliki luas lahan 50 hektar, lebih dari 80 persennya merupakan lahan konservasi pinus yang masih terjaga sejak tahun 1937 silam.

Ada 20 ribu lebih pohon pinus di kawasan ini yang berkontribusi dalam penyerapan karbon dioksida dan mengimbangi pembangunan kota. Setiap tahunnya, pengelola rutin melakukan pembibitan dan perawatan untuk menjaga keberadaan pohon pinus dikawasan ini.

Punti kayu menjadi salah satu tempat kunjungan warga dari dalam maupun luar Palembang untuk berwisata dan menikmati  panorama hutan pinus dengan kesejukannya.

Tak hanya hutan pinus di kawasan ini, pengunjung juga dimanjakan dengan fasilitas lainnya seperti jembatan gantung, waterpark, dan arena bermain. Cukup membayar tiket masuk 10 ribu rupiah untuk dewasa dan lima ribu rupiah untuk anak-anak, ada bisa berwisata di Hutan Pinus Palembang ini.

#BeritaDaerah #CeritaNusantara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x