Kompas TV nasional sapa indonesia

Tips Keuangan Akhir Tahun: Evaluasi Demi Tercapainya Resolusi

Kompas.tv - 17 Desember 2019, 14:35 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS - Smart Financial Wisdom kali ini akan membahas tentang pentingnya memiliki resolusi dan rencana keuangan tahun 2020 nanti. Nah, sebelum melakukan rencana keuangan tersebut, lebih baik kita melihat kilas balik dan melakukan evaluasi terhadap keuangan kita selama satu tahun ini.

Alangkah lebih baik lagi jika Anda pada 2019 kemarin juga sempat melakukan resolusi keuangan, sehingga akan mudah membandingan dengan resolusi tahun 2020, serta mempelajari apa yang sudah dan belum dicapai. Lalu mengapa kita perlu mengevaluasi keuangan kita? Tentu ada beberapa tujuan, diantaranya adalah memperoleh gambaran objektif tentang kondisi finansial sepanjang satu tahun belakang. Kemudian Anda juga bisa mengetahui kondisi kesehatan keuangan atau financial check up. Lalu ini juga sebagai dasar untuk menyusun resolusi keuangan yang akan datang.

Berikut 5 hal penting dalam evaluasi keuangan:

1. Kesehatan arus kas

Arus kas kita bisa dikatakan sehat bila kebutuhan rutin terpenuhi 70-80 persen penghasilan bersih, sehingga kita masih bisa memiliki cadangan atau tabungan rutin setiap bulan. 

2. Kesehatan neraca keuangan

Dengan memiliki neraca keuangan, kita bisa mengetahui jenis aset apa saja yang kita miliki beserta nilainya. Bisa tahu secara pasti ke pihak mana saja kita berutang dan berapa jumlah kewajiban yang masih harus dipenuhi ke masing-masing pihak. Apakah kekayaan bersih kita meningkat? Kekayaan bersih merupakan total kekayaan yang kita miliki setelah dikurangi utang dan kewajiban yang masih harus dibayarkan. Jika Anda belum pernah membuat neraca keuangan pribadi atau keluarga, ini saat yang tepat untuk membuat dan menganalisis sehat atau tidaknya kondisi keuangan melalui neraca keuangan.

3. Kesehatan penanggulangan risiko keuangan

Saat terjadi musibah atau hal-hal yang tidak diinginkan, sudahkah Anda memiliki proteksi asuransi mendasar yang benar-benar Anda butuhkan? 

4. Kesehatan persiapan kebutuhan masa depan

Sudahkah Anda menyiapkan kebutuhan masa depan dari sekarang? Setiap pribadi dan keluarga pasti memiliki impian dan cita-cita yang menjadi tujuan dalam hidupnya. Memiliki tujuan keuangan atau yang sering kita sebut sebagai life plan merupakan langkah awal melakukan persiapan yang kemudian dituangkan dalam tujuan dan rencana keuangan. Seperti biaya kuliah anak, persiapan hidup saat pensiun, kita bisa jadikan suatu target yang akan kita capai di masa mendatang dengan mempersiapkannya dari sekarang melalui berinvestasi dari tabungan yang kita sisihkan secara berkala tiap bulan. 

5. Kesehatan kemampuan berbagi

Sudahkah kita alokasikan dana sosial atau dana berbagi selama 1 tahun yang lalu? Kita tahu setiap agama ada aturan yang berkaitan dengan harta. Misalkan seperti zakat untuk umat Islam atau perpuluhan untuk umat Kristiani. Di samping untuk memenuhi aturan agama, akan selalu ada kebutuhan untuk membantu orangtua, keluarga, atau masyarakat lain yang membutuhkan bantuan. Kesehatan keuangan kita juga ditentukan seberapa peduli kita untuk bisa mengalokasikan sebagian dari penghasilan kita guna membantu mereka yang membutuhkan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x