Kompas TV nasional singkap

Kutai, Kerajaan Tertua di Nusantara - SINGKAP

Kompas.tv - 16 Desember 2019, 16:24 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

 

Menelusuri Kerajaan Nusantara tak lepas dari keberadaan kerajaan Kutai yang disebut sebagai kerajaan pertama di nusantara. Bukti kerajaan Kutai kini dapat kita lihat di Museum Nasional Jakarta dimana terdapat prasasti Yupa peninggalan abad ke-4 yang mencapai masa puncak kejayaan saat diperintah oleh Raja Mulawarman. Diketahui lokasi kerajaan Kutai berorak Hindu pertama adalah di Muara Kaman yang akhirnya diberi nama Kutai Martapura. 

Namun banyak yang keliru bahwa kerajaan Kutai Kertanegara di kota Tenggarong, Kalimantan Timur adalah kerajaan yang sama dengan kerajaan Kutai pertama bercorak Hindu. Dalam catatan sejarah, Kutai Kertanegara adalah kerajaan bercorak Islam yang berdiri pada abad ke 13.  Dalam episode ini kami akan menyingkap dua kerajaan dengan cerita legenda turun termurun yang masih melekat sampai kini.

Kesultanan Kutai atau lebih lengkap disebut Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura (Martapura) merupakan kesultanan bercorak Islam yang berdiri pada tahun 1300 oleh Aji Batara Agung Dewa Sakti di Kutai Lama dan berakhir pada 1960. Kemudian pada tahun 2001 kembali eksis di Kalimantan Timur setelah dihidupkan lagi oleh Pemerintah Kutai Kartanegara sebagai upaya untuk melestarikan budaya adat Kutai Kedaton. 

#Singkap #KutaiKertanegara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x