Kompas TV nasional kompas petang

Dampak Banjir Solok Selatan, Warga Belum Terima Bantuan

Kompas.tv - 14 Desember 2019, 19:58 WIB

Penanganan banjir di Solok Selatan, Sumatera Barat. Wilayah Lubuk Olang Aling sampai saat ini belum tersentuh bantuan, karena sulitnya akses ke lokasi. Ratusan rumah juga masih terendam banjir.
Visual ini memperlihatkan tingginya luapan sungai batang hari, hingga membuat jembatan rusak dan tidak bisa dilalui. Saat ini warga yang terdampak banjir mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena rumah mereka banyak yang rusak dan roboh. Untuk bisa keluar permukiman, warga harus menaiki perahu dan dihadapkan dengan derasnya aliran sungai batang hari.
Banjir Solok Selatan juga menghanyutkan sejumlah rumah warga. Mereka juga sulit keluar dari permukiman karena lokasi yang dikelilingi Sungai Batang hari.

Untuk wilayah yang belum tersentuh bantuan, Pemkab Solok Selatan sudah menyiapkan tim. Dan berangkat hari ini menujuh lokasi Lubuk Olang Aling.
Sementara itu, akses ke lokasi Jorong Sungai Pangku dan Pakan Raba lumpuh karena jembatan terputus.

Badan jembatan tenggelam dalam derasnya arus sungai. Kegiatan warga terganggu, salah satunya aktivitas belajar. Sekolah meliburkan siswanya karena belum ada akses untuk menyeberang.
Peristiwa banjir di Solok Selatan, menyebabkan satu orang meninggal. Seorang anak balita terbawa arus sungai, dan sempat diselamatkan warga. Namun ia meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Pemerintah Solok Selatan berjanji membantu warga, sampai ke daerah terisolasi dan sulit dijangkau.
Warga yang sudah tidak terdampak banjir mulai membersihkan rumahnya dari sisa-sisa lumpur. Warga berharap adanya pelebaran muara dan normalisasi sungai untuk mencegah banjir. Karena mereka sering menjadi korban banjir.

#BanjirSolokSelatan #Banjir #SolokSelatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x