Kompas TV nasional berita kompas tv

Kenali! Tak Semua Ular Berbisa

Sabtu, 14 Desember 2019 | 12:40 WIB

Serangan ular kobra menimpa seorang pedagang di Pasar Kemiri Muka, Beji, Depok, Jawa Barat. Korban dipatuk di bagian kaki saat berdagang dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Pihak Damkar Kota Depok telah menerima sedikitnya 20 pengaduan penanganan berbagai jenis ular termasuk kobra. Ular kobra dalam jumlah puluhan ekor sebelumnya juga ditemukan di sekitar Kawasan Citayam di perbatasan Bogor dan Depok.

Tak hanya di wilayah pinggiran ibukota, belasan anak ular kobra juga ditemukan di Purwakarta, Jawa Barat. Anak ular kobra didapati berada dalam kardus di salah satu dapur rumah warga sebelum dipindahkan ke lokasi yang aman oleh petugas damkar setempat. Total ada 16 ekor anak kobra ditemukan di lokasi ini.

Tiap tahun, gigitan ular di seluruh dunia mencapai 4,5 juta kasus. Dari jumlah ini 2,7 juta orang yang menjadi korban gigitan mengalami luka serius sedangkan 125 ribu orang meninggal dunia.

Dibandingkan dengan Australia dan Malaysia boleh dibilang Indonesia merupakan rumah ular. Indonesia paling banyak memiliki jenis ular, termasuk jenis yang berbisa. Ada sekitar 360 jenis ular di Indonesia dan 76 jenis di antaranya jenis berbisa. Sementara Australia memiliki 200 jenis ular dan 40 jenis di antaranya berbisa. Jumlah jenis ular di Malaysia lebih sedikit sekitar 100 jenis dengan hanya ada 20 jenis yang berbisa.

Temuan ular kobra terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Apa sebaiknya yang dilakukan jika menemukan ular di sekitar lingkungan anda dan bagaimana penanganan medisnya jika sampai digigit ular berbisa?

Editor : edika ipelona



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Serunya Bermain Mini RC Adventure

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 00:22 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:02
POLDA KEPULAUAN RIAU TAHAN DUA ORANG TERSANGKA PERDAGANGAN ORANG KAPAL TIONGKOK   KEMENTERIAN PERDAGANGAN DORONG EKSPOR KOPI INDONESIA KE MEKSIKO   WAKIL WALI KOTA SURABAYA WHISNU SAKTI BUANA SEBUT IBU-IBU BERPERAN PENTING CEGAH PENYEBARAN COVID-19   POLDA METRO JAYA TAHAN DELAPAN ORANG YANG DIDUGA PROVOKATOR KERICUHAN UNJUK RASA DI GEDUNG DPR   KEPALA BKSDA NTT: KEBAKARAN DI KAWASAN CAGAR ALAM WAE WUUL CAPAI 17 HEKTAR   JUBIR SATGAS COVID-19 KOTA BATU: 22 ASN DAN TENAGA HARIAN LEPAS POSITIF COVID-19, 4 DI ANTARANYA MENINGGAL   KETUA SATGAS COVID-19 IDI ZUBAIRI DJOERBAN SARANKAN KAPASITAS TEMPAT TIDUR RS COVID-19 DITAMBAH   KEMENDES PDTT DORONG DESA WISATA PULIHKAN EKONOMI YANG TERPURUK AKIBAT PANDEMI KORONA   MENKEU SRI MULYANI PASTIKAN PEMBIAYAAN MELALUI SKEMA BERBAGI BEBAN DENGAN BANK INDONESIA TAK BERLANJUT DI 2021   PANDEMI KORONA, MENTERI PPN SUHARSO MONOARFA SEBUT PROYEK IBU KOTA NEGARA BARU MASIH TETAP BERLANJUT   BARESKRIM POLRI BAGI PERISTIWA DJOKO TJANDRA MENJADI 3 KLASTER   KASUS KORUPSI PENGHAPUSAN "RED NOTICE" DJOKO TJANDRA, BARESKRIM POLRI SITA 20.000 DOLLAR AS    PRESIDEN JOKOWI HARAP "OMNIBUS LAW" RUU PERPAJAKAN MAMPU PERCEPAT PEMULIHAN EKONOMI PASCA-PANDEMI COVID-19    PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN PEMERINTAH BERKOMITMEN PERKUAT PERLINDUNGAN SOSIAL DAN KETAHANAN PANGAN