Kompas TV nasional kompas malam

Indeks Kerukunan Umat Beragama Jawa Barat Rendah, Ini Reaksi Ridwan Kami

Kompas.tv - 13 Desember 2019, 22:26 WIB

Gubernur Jawa Barat angkat bicara tentang nilai indeks kerukunan beragama di Jawa Barat yang nilainya di bawah rata-rata. Ridwan Kamil mengakui dinamika penduduk dan budaya menjadi salah satu faktor rendahnya indeks kerukunan umat beragama di Jawa Barat.

Untuk meningkatkan indeks tersebut Ridwan Kamil akan melakukan sejumlah program yang langsung berhubungan masyakarat. Salah satu nya dengan membuka forum komunikasi umat beragama agar terbuka ruang dialog serta bersama-sama mencegah radikalisme.

Baca Juga: Patut Dicontoh! Belajar Kerukunan Agama dari Siswa TK Islam dan TK Katolik di Madiun

Kementerian Agama merilis indeks kerukunan umat beragama atau KUB di Indonesia untuk tahun 2019. Hasilnya nilai rata-rata nasional berada di angka 73,83 untuk rentang nilai 1 hingga 100. Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan indeks kerukunan umat beragama di tahun 2019 lebih rendah dibanding tahun 2015. Salah satu yang membuat indeks kerukunan tahun ini turun menurut menteri Fachrul Razi adalah maraknya ujaran kebencian saat dan usai Pemilu 2019.

Baca Juga: Bukit Kasih, Simbol Kerukunan Antar Umat Beragama

Survei yang dilakukan Kementrian Agama terbagi menjadi dua bagian yakni skors indeks kub di atas dan dibawah rata-rata nasional.

#IndeksKerukunanUmatBeragama #JawaBarat #RidwanKamil



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.