Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi Pilih Wiranto, Jadi Ketua Wantimpres

Kompas.tv - 13 Desember 2019, 20:17 WIB
Penulis : Yuilyana

Presiden Jokowi telah melantik 9 tokoh Wantimpres di Istana Negara, Jakarta, Jumat 13 Desember 2019. Orang-orang yang diangkat jadi Wantimpres pun berasal dari berbagai latar belakang. Diantaranya ada dari mantan menteri, mantan gubernur,  pengusaha, ulama, hingga politikus negeri. 

Mantan Menko Polhukam Wiranto dipilih Jokowi jadi Ketua Wantimpres karena alasan telah memiliki pengalaman bernegara. Sedangkan delapan tokoh yang didapuk menjadi anggota Wantimpres, di antaranya politikus PDI Perjuangan Sidarto Danusubroto, politikus Partai Golkar Agung Laksono, pengusaha Putri Kuswisnu Wardani, pengusaha Arifin Panigoro, pengusaha Dato Sri Tahir, ulama asal Pekalongan Muhammad Luthfi bin Yahya, politikus PPP Mardiono, dan mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Nantinya mereka akan menjalankan beberapa tugas utama, diantaranya memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan negara. Hal itu tertuang dalam Undang-undang nomor 19 tahun 2006 tentang wantimpres.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x