Kompas TV nasional berita kompas tv

Wantimpres Resmi Dilantik, ini kata Presiden Jokowi

Kompas.tv - 13 Desember 2019, 17:37 WIB
wantimpres-resmi-dilantik-ini-kata-presiden-jokowi
Presiden Joko Widodo melantik Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Wantimpres, di Istana Negara Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019 (Sumber: kompas.tv)
Penulis : Deni Muliya

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 di Istana Negara Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Wantimpres itu berjumlah sembilan personil yang terdiri dari mantan Menkopolhukam Wiranto, Politisi PDIP Sidarto Danusubroto, Bos Mayapada Group Dato Sri Tahir, Bos Mustika Ratu Putri Kuswisnu Wardani, Politisi PPP Mardiono, Politisi Golkar Agung Laksono, Bos Medco Energi Arifin Panigoro, mantan Gubernur Jawa Timur Sukarwo, dan tokoh NU Lutfi bin Yahya.

Kesembilan anggota Wantimpres itu dilantik berdasarkan keputusan presiden (Keppres) Nomor 137/P Tahun 2019 tentang Dewan Pertimbangan Presiden.

Pada pelantikan tersebut, Presiden Jokowi menunjuk Wiranto sebagai Ketua merangkap anggota Wantimpres.

Sebanyak delapan dari sembilan anggota Wantimpres yang dilantik ini merupakan wajah baru.

Sementara seorang lagi wajah lama yang bertahan dalam periode ini adalah Sidarto Danusubroto.

Menurut Presiden Jokowi, pertimbangan memilih kesembilan orang itu adalah karena rekam jejak, pengalaman mereka di bidang masing-masing.

Selain itu, lanjut Jokowi, karena kapabilitas dan integritasnya. 

“Mereka memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden, baik diminta maupun tidak diminta,” ujar Jokowi, kepada awak media di Istana Negara Jakarta, usai pelantikan. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.