Kompas TV nasional berkas kompas

Ridwan Kamil Akan Mengeluarkan Moratorium Kawasan Bandung Utara BERKAS KOMPAS (Bag3)

Kompas.tv - 13 Desember 2019, 14:00 WIB

Keindahan alam di kawasan bandung utara menjadi daya tarik. Tak hanya menarik masyarakat untuk berwisata, daerah yang kebanyakan berbukit ini jadi daya tarik para investor. Hasilnya pembangunan di Kawasan Bandung Utara masif terjadi. Tim Berkas Kompas melakukan penyusuran untuk mengetahui fenomena di masyarakat soal jual beli tanah di KBU dan membuka praktik akal akalan perizinan.

KBU menjadi kawasan strategis provinsi Jawa Barat karena menjadi daerah resapan air. Meski peraturan sudah dibuat, pelanggaran masih marak terjadi. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional mencatat 4 ribu lebih pelanggaran tata ruang terjadi di KBU. Pemerintah setempat pun mengakui banyaknya bangunan tidak berizin.

Masalah karut marut di Kawasan Bandung Utara bukanlah hal baru. Perda Jawa Barat yang semangatnya untuk mengendalikan pembangunan di Kawasan Bandung Utara belum sepenuhnya berhasil. Gubernur Jawa Barat akan mengeluarkan peraturan gubernur dan moratorium.

#BerkasKompas #BandungUtara #PerizinanBangunan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.