Kompas TV nasional sapa indonesia

Jokowi: Yang Suka Impor Minyak atau LPJ Akan Saya Ganggu

Jumat, 13 Desember 2019 | 00:46 WIB

Presiden Joko Widodo  berulang kali  menyinggung soal impor minyak yang terus membengkak. Jokowi meyakini, soal impor minyak ini tak lepas dari masih adanya mafia migas. Untuk itu, Presiden memerintahkan Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama untuk memberantas mafia migas. Jokowi juga  menyinggung soal pembangunan kilang minyak. Ia kesal karena sudah 34 tahun  Indonesia tak bangun kilang,  padahal keberadaan kilang  bisa menekan impor minyak.

Tekad untuk memberantas mafia minyak dan gas juga sempat disampaikan Jokowi akhir November lalu. Pemerintah, kata Jokowi sudah mengetahui pihak yang mendukung impor migas yang menyebabkan difisit neraca perdagangan. Sementara itu, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengaku diperintahkan presiden untuk membenahi masalah defisit neraca perdagangan yang selama ini disebabkan impor migas dan produk petrokimia.

Bank Indonesia menyebut, sejak 2011 Indonesia selalu mengalami defisit transaksi berjalan. Salah satu penyebabnya adalah impor minyak yang terbuka lebar. Pemerintah harus meningkatkan eksplorasi sumber-sumber minyak baru dan mencari energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada minyak.

Bagaimana manajemen dan dewan komisaris yang ditunjuk dapat mememulai tugas utama yang dimandatkan presiden? Apa wujud praktik mafia migas yang selama ini ramai disebut namun tak juga dapat diberantas? Kami ulas bersama Pengamat Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi.
 

#AhokKomutPertamina #PertaminaIndonesia #PresidenJokowi

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:41
SEKDA PEMPROV BALI INGATKAN KEGIATAN ADAT DILAKSANAKAN DENGAN JUMLAH TERBATAS   BAWASLU JABAR SEBUT POTENSI KETERLIBATAN ASN BERPOLITIK PRAKTIS CUKUP TINGGI PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT PEMERINTAH TERUS CARI CARA CEGAH KEMATIAN DOKTER AKIBAT COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID-19 HARGA MATI   TEKAN JUMLAH KEMATIAN AKIBAT COVID-19, DINKES NUSA TENGGARA BARAT "SCREENING" LANSIA   KASUS COVID-19 BERTAMBAH, PEMKAB BENER MERIAH TUTUP 17 SEKOLAH   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO: TNI AKAN KERAHKAN SELURUH ANGKATAN UNTUK ATASI PANDEMI COVID-19   SATPOL PP BOGOR SEGEL 10 VILA KARENA NEKAT SEWAKAN "HOME STAY" DI MASA PSBB PRA-ADAPTASI KEBIASAAN BARU   12 TENAGA MEDIS POSITIF COVID-19, RSUD JAMBI TUTUP SEMENTARA LAYANAN ICU HINGGA RADIOLOGI SELAMA 3 HARI   KEMENPERIN RUMUSKAN SNI MASKER KAIN UNTUK LINDUNGI KONSUMEN SECARA OPTIMAL DARI COVID-19   MENKO PMK MINTA PARA DOKTER YANG TANGANI PASIEN COVID-19 UTAMAKAN KESELAMATAN PRIBADI   BPOM TEMUKAN 50.000 TAUTAN IKLAN PENJUAL PRODUK MAKANAN DAN OBAT ILEGAL SELAMA PANDEMI KORONA   KPU KABUPATEN BANDUNG DORONG KAMPANYE SECARA DARING   BALAI BESAR TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU: JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DIBUKA 1 OKTOBER 2020