HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Jokowi: Yang Suka Impor Minyak atau LPJ Akan Saya Ganggu

Jumat, 13 Desember 2019 | 00:46 WIB

Presiden Joko Widodo  berulang kali  menyinggung soal impor minyak yang terus membengkak. Jokowi meyakini, soal impor minyak ini tak lepas dari masih adanya mafia migas. Untuk itu, Presiden memerintahkan Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama untuk memberantas mafia migas. Jokowi juga  menyinggung soal pembangunan kilang minyak. Ia kesal karena sudah 34 tahun  Indonesia tak bangun kilang,  padahal keberadaan kilang  bisa menekan impor minyak.

Tekad untuk memberantas mafia minyak dan gas juga sempat disampaikan Jokowi akhir November lalu. Pemerintah, kata Jokowi sudah mengetahui pihak yang mendukung impor migas yang menyebabkan difisit neraca perdagangan. Sementara itu, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengaku diperintahkan presiden untuk membenahi masalah defisit neraca perdagangan yang selama ini disebabkan impor migas dan produk petrokimia.

Bank Indonesia menyebut, sejak 2011 Indonesia selalu mengalami defisit transaksi berjalan. Salah satu penyebabnya adalah impor minyak yang terbuka lebar. Pemerintah harus meningkatkan eksplorasi sumber-sumber minyak baru dan mencari energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada minyak.

Bagaimana manajemen dan dewan komisaris yang ditunjuk dapat mememulai tugas utama yang dimandatkan presiden? Apa wujud praktik mafia migas yang selama ini ramai disebut namun tak juga dapat diberantas? Kami ulas bersama Pengamat Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi.
 

#AhokKomutPertamina #PertaminaIndonesia #PresidenJokowi

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
02:42
MENKOMINFO JOHNNY G PLATE SEBUT SURAT PRESIDEN UNTUK RUU PERLINDUNGAN DATA PRIBADI SUDAH DIKIRIM KE DPR   ANTAR ROMBONGAN TURIS WUHAN, PRIA DI JEPANG YANG BEKERJA SEBAGAI SOPIR TERKENA VIRUS KORONA    KETUA KPU ARIEF BUDIMAN MENGAKU DITANYA SOAL ALIRAN DANA KASUS DUGAAN SUAP DENGAN TERSANGKA WAHYU SETIAWAN   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN: KOMISIONER KPU SATU SUARA TOLAK HARUN MASIKU JADI ANGGOTA DPR, TERMASUK WAHYU SETIAWAN   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN SEBUT KPK TANYA SOAL PERMINTAAN PDI-P YANG INGIN MASUKKAN HARUN MASIKU SEBAGAI ANGGOTA DPR   DIPERIKSA KPK UNTUK TERSANGKA SAEFUL BAHRI, KETUA KPU ARIEF BUDIMAN MENGAKU DISODORI 22 PERTANYAAN   RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA BANTAH RAWAT PASIEN VIRUS KORONA   MENLU RETNO MARSUDI: WNI DI WUHAN, TIONGKOK, HANYA MEMILIKI PASOKAN KEBUTUHAN HINGGA 5 HARI    KAJARI JAKARTA PUSAT: MANTAN DIRUT PT TRANSJAKARTA DONNY ANDI SARAGIH BELUM MELAKSANAKAN HUKUMAN PIDANANYA   KAJARI JAKARTA PUSAT SEBUT PIHAKNYA TENGAH MENCARI KEBERADAAN MANTAN DIRUT PT TRANSJAKARTA DONNY ANDI SARAGIH    PRESIDEN AS DONALD TRUMP SIAP MEMBANTU TIONGKOK DAN PRESIDEN XI JINPING DALAM MENGATASI PENYEBARAN VIRUS KORONA    SOAL REVITALISASI MONAS, MENTERI LHK SITI NURBAYA: DARI SISI PROSEDUR ADA KESALAHAN    MENTERI LHK SITI NURBAYA DALAMI DAMPAK REVITALISASI MONAS PADA KERUSAKAN LINGKUNGAN    MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO SEBUT DESAIN REVITALISASI MONAS HARUS MELALUI SAYEMBARA AGAR HASILNYA LEBIH BAIK