Kompas TV nasional sapa indonesia

Jokowi: Yang Suka Impor Minyak atau LPJ Akan Saya Ganggu

Kompas.tv - 13 Desember 2019, 00:46 WIB
Penulis : Reny Mardika

Presiden Joko Widodo  berulang kali  menyinggung soal impor minyak yang terus membengkak. Jokowi meyakini, soal impor minyak ini tak lepas dari masih adanya mafia migas. Untuk itu, Presiden memerintahkan Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama untuk memberantas mafia migas. Jokowi juga  menyinggung soal pembangunan kilang minyak. Ia kesal karena sudah 34 tahun  Indonesia tak bangun kilang,  padahal keberadaan kilang  bisa menekan impor minyak.

Tekad untuk memberantas mafia minyak dan gas juga sempat disampaikan Jokowi akhir November lalu. Pemerintah, kata Jokowi sudah mengetahui pihak yang mendukung impor migas yang menyebabkan difisit neraca perdagangan. Sementara itu, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengaku diperintahkan presiden untuk membenahi masalah defisit neraca perdagangan yang selama ini disebabkan impor migas dan produk petrokimia.

Bank Indonesia menyebut, sejak 2011 Indonesia selalu mengalami defisit transaksi berjalan. Salah satu penyebabnya adalah impor minyak yang terbuka lebar. Pemerintah harus meningkatkan eksplorasi sumber-sumber minyak baru dan mencari energi alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada minyak.

Bagaimana manajemen dan dewan komisaris yang ditunjuk dapat mememulai tugas utama yang dimandatkan presiden? Apa wujud praktik mafia migas yang selama ini ramai disebut namun tak juga dapat diberantas? Kami ulas bersama Pengamat Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi.
 

#AhokKomutPertamina #PertaminaIndonesia #PresidenJokowi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x