Kompas TV video cerita indonesia

Eskpor Benih Lobster Tuai Kritik, Ini Jawaban Edhy Prabowo

Kompas.tv - 12 Desember 2019, 20:30 WIB
Penulis : Yuilyana

Ekspor benih Lobster tuai kritik dari berbagai pihak. Salah satunya dari mantan menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ia sempat mengunggah di akun media sosial, betapa berharganya lobster karena bernilai ekonomi tinggi sehingga kelestariannya perlu dijaga. Lebih lanjut Susi sampaikan, lobster yang bernilai ekonomi tinggi tidak boleh punah, hanya karena ketamakan untuk menual bibitnya; dengan harga seperseratusnya pun tidak.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pun kini membuka diri pada kritikan ketika rencana membuka keran ekspor lobster memancing respon banyak pihak. Ia pun tak menutup mata adanya penyelundupan benih lobster setiap hari mungkin timbul karena larangan itu. Apalagi setelah dia membaca berbagai macam penelitian, hanya 1 persen atau bahkan kurang dari 1 persen benih lobster yang bisa hidup di laut. Angka itu berbanding jauh dengan budidaya yang bisa mempertahankan 40-60 persen lobster hidup. 

Untuk itu langkah selanjutnya Edhy akan mempelajari bersama para stakeholder terkait 29 peraturan. Hasil dari diskusi tersebut akan dijadikan rekomendasi untuk ke Menko terkait dan Presiden Joko Widodo untuk menentukan langkah konkret selanjutnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x