Kompas TV TALKSHOW satu meja

Tersandera HAM di Periode Kedua? - SATU MEJA THE FORUM (Bag2)

Kompas.tv - 12 Desember 2019, 19:33 WIB

Perjalanan panjang kasus Munir tak kunjung terungkap, meski pengakuan sejumlah pelaku sudah muncul. Istri Munir, Suciwati menyebut ada ketidakmauan dari Presiden Jokowi.

Memulai periode kedua, Presiden Jokowi kembali ditagih untuk menyelesaikan berbagai kasus pelanggaran HAM masa lalu. Tugas khusus pun diberikan kepada Menkopolhukam Mahfud MD. Model penyelesaian melalui Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) lantas dipilih oleh pemerintah.

Draft RUU KKR, yang menjadi dasar hukum bagi pembentukan komisi tersebut, telah rampung dan masuk dalam program legislasi nasional atau Prolegnas 2020. Namun, model penyelesaian melalui KKR bukannya tanpa ganjalan. Konsep rekonsiliasi ala KKR yang memberikan impunitas kepada pelanggar HAM banyak ditentang, terutama oleh keluarga korban.

Survei Litbang Kompas pun menyatakan 99,5 responden menginginkan penyelesaian melalui pengadilan. Di sisi lain, penyelesaian melalui pengadilan juga tak gampang. Hal ini lantaran sulitnya memperoleh alat bukti peristiwa pelanggaran HAM yang sudah terlampau lama.

 

#SatuMejaTheForum #HakAsasiManusia #Jokowi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x