Kompas TV video cerita indonesia

Ambon Pasang Sistem Peringatan Dini Tsunami

Kompas.tv - 12 Desember 2019, 17:10 WIB
Penulis : Yuilyana


Pemerintah pusat melalui empat kementerian dan lembaga bersama pemerintah Provinsi Maluku meresmikan sistem peringatan dini tsunami di Stasiun Pasang Surut Pelabuhan Perikanan Eri, Ambon Maluku pada Rabu (11/12/2019). Diantaranya ada Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi serta, Badan Informasi Geospasial. Ke empat lembaga ini akan bersinergi mencegah dampak terburuk akibat dari tsunami. 

Melalui alat ini, diharapkan dapat menangkap informasi seputar tsunami secara akurat. Sehingga dari BMKG dapat meneruskan rilis resmi ke BNPB, lalu ke masyarakat, agar informasi yang tersebar dari sumber yang benar bukan hoaks. Di Stasiun ini dilengkapi alat deteksi tsunami yakni Tide Gauge, sebagai piranti pendeteksi perubahan ketinggian permukaan air laut.

Maluku merupakan salah satu daerah rawan terjadinya tsunami yang dipicu gempa tektonik, erupsi gunung api dan longsoran bawah laut. Sehingga alat ini sangat dibutuhkan, untuk wilayah-wilayah yang rawan gempa bumi.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x