HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Pro Kontra Hukuman Mati Koruptor, Pakar Hukum Pidana: Hakimnya Berani Tidak?

Kamis, 12 Desember 2019 | 12:31 WIB

Pernyataan Presiden Joko Widodo soal kemungkinan penerapan aturan hukuman mati untuk koruptor yang bertepatan perayaan hari antikorupsi sedunia Senin (9/12/2019) lalu bersambut pro dan kontra.

Banyak yang mengamini pernyataan presiden sebagai sikap tegas pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan hukuman mati tidak dilarang dalam agama asal diterapkan dengan syarat-syarat ketat. Antara lain untuk kasus pidana tertentu dan jika sulit diatasi atau tidak ada jalan lain dalam memberikan efek jera.

Pernyataan presiden mengenai perlunya hukuman mati untuk koruptor menuai polemik luas. Selain yang mendukung banyak pula yang mempertanyakan apakah hukuman mati akan menjerakan koruptor? Dan bagaimana menjawab praktik hukuman mati yang dinilai melanggar hak asasi manusia?

Telah hadir Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dan tenaga Ahli Utama Di Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin. Ada juga pakar hukum pidana sekaligus mantan hakim yang pernah menjatuhkan vonis mati Asep Iwan Iriawan.

#HukumanMati #Koruptor #PresidenJokowi

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
02:20
MENKOMINFO JOHNNY G PLATE SEBUT SURAT PRESIDEN UNTUK RUU PERLINDUNGAN DATA PRIBADI SUDAH DIKIRIM KE DPR   ANTAR ROMBONGAN TURIS WUHAN, PRIA DI JEPANG YANG BEKERJA SEBAGAI SOPIR TERKENA VIRUS KORONA    KETUA KPU ARIEF BUDIMAN MENGAKU DITANYA SOAL ALIRAN DANA KASUS DUGAAN SUAP DENGAN TERSANGKA WAHYU SETIAWAN   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN: KOMISIONER KPU SATU SUARA TOLAK HARUN MASIKU JADI ANGGOTA DPR, TERMASUK WAHYU SETIAWAN   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN SEBUT KPK TANYA SOAL PERMINTAAN PDI-P YANG INGIN MASUKKAN HARUN MASIKU SEBAGAI ANGGOTA DPR   DIPERIKSA KPK UNTUK TERSANGKA SAEFUL BAHRI, KETUA KPU ARIEF BUDIMAN MENGAKU DISODORI 22 PERTANYAAN   RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA BANTAH RAWAT PASIEN VIRUS KORONA   MENLU RETNO MARSUDI: WNI DI WUHAN, TIONGKOK, HANYA MEMILIKI PASOKAN KEBUTUHAN HINGGA 5 HARI    KAJARI JAKARTA PUSAT: MANTAN DIRUT PT TRANSJAKARTA DONNY ANDI SARAGIH BELUM MELAKSANAKAN HUKUMAN PIDANANYA   KAJARI JAKARTA PUSAT SEBUT PIHAKNYA TENGAH MENCARI KEBERADAAN MANTAN DIRUT PT TRANSJAKARTA DONNY ANDI SARAGIH    PRESIDEN AS DONALD TRUMP SIAP MEMBANTU TIONGKOK DAN PRESIDEN XI JINPING DALAM MENGATASI PENYEBARAN VIRUS KORONA    SOAL REVITALISASI MONAS, MENTERI LHK SITI NURBAYA: DARI SISI PROSEDUR ADA KESALAHAN    MENTERI LHK SITI NURBAYA DALAMI DAMPAK REVITALISASI MONAS PADA KERUSAKAN LINGKUNGAN    MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO SEBUT DESAIN REVITALISASI MONAS HARUS MELALUI SAYEMBARA AGAR HASILNYA LEBIH BAIK