Kompas TV nasional sapa indonesia

Pro Kontra Hukuman Mati Koruptor, Pakar Hukum Pidana: Hakimnya Berani Tidak?

Kamis, 12 Desember 2019 | 12:31 WIB

Pernyataan Presiden Joko Widodo soal kemungkinan penerapan aturan hukuman mati untuk koruptor yang bertepatan perayaan hari antikorupsi sedunia Senin (9/12/2019) lalu bersambut pro dan kontra.

Banyak yang mengamini pernyataan presiden sebagai sikap tegas pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan hukuman mati tidak dilarang dalam agama asal diterapkan dengan syarat-syarat ketat. Antara lain untuk kasus pidana tertentu dan jika sulit diatasi atau tidak ada jalan lain dalam memberikan efek jera.

Pernyataan presiden mengenai perlunya hukuman mati untuk koruptor menuai polemik luas. Selain yang mendukung banyak pula yang mempertanyakan apakah hukuman mati akan menjerakan koruptor? Dan bagaimana menjawab praktik hukuman mati yang dinilai melanggar hak asasi manusia?

Telah hadir Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dan tenaga Ahli Utama Di Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin. Ada juga pakar hukum pidana sekaligus mantan hakim yang pernah menjatuhkan vonis mati Asep Iwan Iriawan.

#HukumanMati #Koruptor #PresidenJokowi

Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:04
SEKDA PEMPROV BALI INGATKAN KEGIATAN ADAT DILAKSANAKAN DENGAN JUMLAH TERBATAS   BAWASLU JABAR SEBUT POTENSI KETERLIBATAN ASN BERPOLITIK PRAKTIS CUKUP TINGGI PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT PEMERINTAH TERUS CARI CARA CEGAH KEMATIAN DOKTER AKIBAT COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID-19 HARGA MATI   TEKAN JUMLAH KEMATIAN AKIBAT COVID-19, DINKES NUSA TENGGARA BARAT "SCREENING" LANSIA   KASUS COVID-19 BERTAMBAH, PEMKAB BENER MERIAH TUTUP 17 SEKOLAH   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO: TNI AKAN KERAHKAN SELURUH ANGKATAN UNTUK ATASI PANDEMI COVID-19   SATPOL PP BOGOR SEGEL 10 VILA KARENA NEKAT SEWAKAN "HOME STAY" DI MASA PSBB PRA-ADAPTASI KEBIASAAN BARU   12 TENAGA MEDIS POSITIF COVID-19, RSUD JAMBI TUTUP SEMENTARA LAYANAN ICU HINGGA RADIOLOGI SELAMA 3 HARI   KEMENPERIN RUMUSKAN SNI MASKER KAIN UNTUK LINDUNGI KONSUMEN SECARA OPTIMAL DARI COVID-19   MENKO PMK MINTA PARA DOKTER YANG TANGANI PASIEN COVID-19 UTAMAKAN KESELAMATAN PRIBADI   BPOM TEMUKAN 50.000 TAUTAN IKLAN PENJUAL PRODUK MAKANAN DAN OBAT ILEGAL SELAMA PANDEMI KORONA   KPU KABUPATEN BANDUNG DORONG KAMPANYE SECARA DARING   BALAI BESAR TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU: JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DIBUKA 1 OKTOBER 2020