Kompas TV nasional sapa indonesia

Pro Kontra Hukuman Mati Koruptor, Pakar Hukum Pidana: Hakimnya Berani Tidak?

Kompas.tv - 12 Desember 2019, 12:31 WIB

Pernyataan Presiden Joko Widodo soal kemungkinan penerapan aturan hukuman mati untuk koruptor yang bertepatan perayaan hari antikorupsi sedunia Senin (9/12/2019) lalu bersambut pro dan kontra.

Banyak yang mengamini pernyataan presiden sebagai sikap tegas pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan hukuman mati tidak dilarang dalam agama asal diterapkan dengan syarat-syarat ketat. Antara lain untuk kasus pidana tertentu dan jika sulit diatasi atau tidak ada jalan lain dalam memberikan efek jera.

Pernyataan presiden mengenai perlunya hukuman mati untuk koruptor menuai polemik luas. Selain yang mendukung banyak pula yang mempertanyakan apakah hukuman mati akan menjerakan koruptor? Dan bagaimana menjawab praktik hukuman mati yang dinilai melanggar hak asasi manusia?

Telah hadir Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dan tenaga Ahli Utama Di Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin. Ada juga pakar hukum pidana sekaligus mantan hakim yang pernah menjatuhkan vonis mati Asep Iwan Iriawan.

#HukumanMati #Koruptor #PresidenJokowi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x