Kompas TV video cerita indonesia

FULL : Penjelasan Nadiem Soal UN Dihapus Serta Terobosan Lain

Kompas.tv - 11 Desember 2019, 23:16 WIB
Penulis : Abdur Rahim

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan, kementerian pendidikan dan kebudayaan akan merombak sistem pendidikan yang ada di Indonsia saat ini. Untuk mengubah sistem pendidikan ini, Nadiem Makarim memberikan kebebasan dan keleluasaan kepada sekolah-sekolah untuk berkreasi. Ada empat hal yang yang akan diubah dalam sistem pendidikan baru ini, di antaranya : Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

Nadiem berharap, keempat program ini  dapat menjadi arah pembelajaran kedepan yang sesuai dengan maksud dari presiden dan wakil presiden, demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Salah satu program yang paling populer adalah, penghapusan ujian nasional atau UN dari kurikulum siswa. Penghapusan ujian nasional ini dimulai pada tahun 2021 nanti. Artinya, tahun 2020 menjadi tahun terakhir pelaksanaan ujian nasional bagi para siswa. UN pun dilaksanakan dengan mekanisme lama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x