Kompas TV video cerita indonesia

[Top 3 News] Ujian Nasional Dihapus I Napi Boleh Ikut Pilkada I Indonesia Peringkat 4 Sea Games I

Kompas.tv - 11 Desember 2019, 22:51 WIB
Penulis : Abdur Rahim

 

[Top 3 News] Ujian Nasional Dihapus I Napi Boleh Ikut Pilkada I Indonesia Peringkat 4 Sea Games I

  1. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, memutuskan untuk menghapus ujian nasional mulai tahun 2021. Ujian nasional atau UN diganti dengan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Penghapusan ujian nasional didasari atas materi UN yang padat. Siswa pun hanya berfokus pada hafalan materi,   bukan kompetensi . UN juga dinilai telah menjadi beban bagi siswa. Menurut Nadiem, asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, akan mampu memetakan sekolah berdasarkan kompetensi minimum yang disiapkan.
  2. Mahkamah konstitusi mengabulkan sebagian permohon uji materi UU pemilu soal pencalonan mantan narapidana. MK memberikan masa jeda lima tahun untuk mantan napi setelah menjalani hukumannya, jika ingin maju dalam pilkada. Dalam putusannya, ketua majelis hakim MK Anwar Usman menyatakan,  MK memutuskan mengubah bunyi pasal 7 ayat 2 huruf g yaitu pencalonan dapat dilakukan bagi mantan terpidana yang telah melewati jangka waktu 5 tahun setelah setelah menjalani pidana.
  3. Hari ini, pesta olahraga Sea Games resmi ditutup. Indonesia harus rela menduduki posisi ke empat dalam pertandingan olah raga terbesar se asia tenggara ini. Menduduki peringkat ke empat, Indonesia telah mengumpulkan 267 medali, yaitu 72 medali emas,  84 medali perak, dan 111 medali perunggu. Perolehan ini telah  melampaui target yang diberikan Menpora, yaitu 60 medali emas. Meski demikian,  timnas indonesia masih belum memenuhi keinginan presiden jokowi, yaitu menduduki peringkat dua sea games. Peringkat satu diraih oleh Filipina, kemudian diikuti Vietnam dan Thailand.


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x